Advertisement

Putra sulung Begawan Suwandageni dari Pertapaan Argasekar. Ia mempunyai adik yang amat menyayanginya, Sukrasana namanya. Sumantri lahir sebagai seorang ksatria tampan dan gagah. Tetapi Sukrasana mirip dengan raksasa kerdil yang buruk rupanya. Walaupun demikian kedua saudara itu saling mengasihi.

Menjelang dewasa, atas izin ayahnya, Sumantri pergi mencari pengalaman ke negara Maespati. Tetapi ia harus pergi secara diam-diam karena adiknya selalu ingin ikut serta. Karena ilmu yang dimilikinya serta kepandaiannya membawa diri, setelah beberapa tahun mengabdi pada Prabu Arjuna Sasrabahu, Sumantri diangkat menjadi patih. Sebagai patih, Sumantri mendapat nama baru, yakni Suwanda. Itulah sebabnya Bambang Sumantri juga disebut Patih Suwanda.

Advertisement

Suatu saat Patih Suwanda ditugasi mewakili Prabu Arjuna Sasrabahu melamar Dewi Citrawati, putri Prabu Citragada dari negara Magada. Untuk menunaikan tugas itu Patih Suwanda harus lebih dahulu mengalahkan raja-raja lain yang juga menginginkan Dewi Citrawati. Bambang Sumantri berhasil dalam tugasnya. Dewi Citrawati diboyongnya.

Namun dalam perjalanan pulang ke Maespati, timbul rasa pongah dalam diri Sumantri. Ia mengirim surat pada rajanya, minta agar Prabu Arjuna Sasrabahu sendiri yang datang menjemput Dewi Citrawati.

Sewaktu Dewi Citrawati dan Prabu Arjuna Sasra-bahu hendak meninjau taman itu, Sumantri minta agar adiknya menyingkir dulu dari taman agar penampilan Sukrasana yang mengerikan tidak menakutkan Dewi Citrawati. Namun Sukrasana menolak dan meng-ingatkan janji kakaknya. Sumantri kesal, lalu memasang anak panah pada busurnya dan menakut-nakuti adiknya. Ternyata, tanpa sengaja anak panah itu terlepas dan menghunjam tubuh Sukrasana. Sebelum tewas, Sukrasana berkata bahwa ia tidak dendam dan tetap menyayangi kakaknya. Ia ingin selalu bersama- sama. Karena itu kelak ia akan menjemput kakaknya pada saat Sumantri berhadapan dengan Prabu Dasa- muka dari Alengka, dan bersama-sama memasuki alam akhirat.

Di kemudian hari, sewaktu pasukan Kerajaan Alengka menyerbu Maespati dan Patih Suwanda menghadang, ia gugur ketika berhadapan dengan Prabu Dasamuka. Arwah Sukrasana yang masuk ke dalam taring Dasamuka, benar-benar menjemput kematian Sumantri.

Incoming search terms:

  • karakteristik bambang sumatri
  • arti bambang sumantri
  • nama lain bambang sumantri

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • karakteristik bambang sumatri
  • arti bambang sumantri
  • nama lain bambang sumantri