Advertisement

Merupakan tokoh serba bisa yang selalu berhasil dalam setiap bi­dang yang ditanganinya. Ia seorang Amerika kelahiran Philadelphia yang berminat dan menguasai berbagai bi­dang. Ia gemilang sebagai pencetak dan penerbit, pe­nulis, penemu, ilmuwan, serta diplomat. Tetapi ke­berhasilannya yang diang­gap paling gemilang adalah melepaskan berbagai kolo­ni Amerika Serikat dari Inggris; juga dalam me­nyusun Declaration of In­dependence serta sistem perundangan Amerika Se­rikat.

Benjamin Franklin dilahirkan sebagai anak ke-10 dari 17 bersaudara, dari sepasang suami-istri pembuat sabun dan lilin. Karena orang tuanya miskin, ia me­ninggalkan bangku pendidikan formal pada usia 10. Ia lalu menghabiskan waktunya membantu pekerjaan orang tuanya, juga memuaskan minat besarnya da­lam membaca pada saat-saat luang. Agar bisa mem­baca lebih banyak jenis buku, ia belajar sendiri bebe­rapa bahasa lain. Dengan demikian Franklin mengua­sai bahasa Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan La­tin secara pasif.

Advertisement

Dalam usia semuda itu, ia mencoba menulis dan mencari gaya penulisannya sendiri. Ia bahkan meng­gunakan nama samaran Richard Saunders di akhir tu­lisannya. Ketika berusia 12, ia magang di perusahaan percetakan milik salah seorang kakak lelakinya. Se­belas tahun kemudian Franklin menerbitkan koran Pennsylvania Gazette khusus untuk wilayah koloni Pennsylvania. Masih dalam wilayah koloni ini, ia men­jalankan berbagai lembaga pelayanan umum, seperti perpustakaan yang meminjamkan berbagai jenis bu­ku, pemadam kebakaran, dan sebuah akademi yang kelak berkembang menjadi Universitas Pennsylvania. Bidang lain yang juga sangat diperhatikannya adalah pelayanan pos di berbagai wilayah koloni. Pada ta­hun 1737, ia menerima tawaran untuk menjadi kepa­la kantor pos di Philadelphia; dan pada tahun 1753 oleh pemerintah Inggris ia diangkat menjadi kepala pos untuk seluruh wilayah koloni negara ini. Franklin meningkatkan pelayanan pengiriman pos dengan men­dirikan beberapa kantor pos cabang di berbagai ko­ta, juga dengan menambah tenaga pengirim surat se­hingga pengiriman dapat dilakukan siang maupun malam.

 

Tokoh Pembebas.

Keahlian Franklin dalam bidang diplomasi sudah terlihat sejak tahun 1757, ketika ia mewakili wilayah koloni Pennsylvania dalam pertikai­an masalah tanah yang dikuasai Inggris. Ketika diki­rim sebagai utusan wilayah koloni Philadelphia ke Kongres Kontinental Kedua, ia berperan penting da­lam penyusunan konsep Declaration of Independence (1775). Kemudian pada tahun 1776 Franklin pergi ke Perancis untuk mendapatkan dukungan dana serta angkatan perang bagi pembebasan semua wilayah ko­loni Inggris. Pada saat ini lah ia terkenal sebagai pahlawan Dunia Baru.

Beberapa karyanya antara lain A Dissertation on Liberty and Necessity, Pleasure, and Pain (1725), Articles of Belief and Acts of Religion (1728), Pro­posals Relating to the Education of Youth in Penn­sylvania (1749), Observations Concerning the Increase of Mankind (1755), dan Experiments and Observations on Electricity (1751).

Advertisement