Advertisement

Terletak di desa Kasemen, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Jawa Barat. Benteng yang terbuat dari batu karang ini didirikan oleh Sultan Banten sebagai pertahanannya. Namun tahun 1685 benteng ini direbut oleh Belanda. Menurut cerita, di tempat ini pada tahun 1596 Cornells de Houtman melabuhkan jangkar kapalnya ketika pertama kali datang ke Banten.

Nama Speelwijk diambil dari nama seorang panglima perang Belanda yang berjasa besar dalam perebutan benteng ini di tahun 1689. Kini Benteng Speelwijk tinggal berupa sisa-sisa bangunan, lebih mirip bukit kecil yang ditumbuhi rerumputan. Benteng ini dilengkapi dengan meriam, ruang bawah tanah serta gudang mesiu. Dahulu Benteng Speelwijk dikelilingi tembok yang tinggi serta kanal-kanal sehingga musuh sulit mengadakan penyerangan. Jalan masuk ke dalam benteng berupa sebuah pintu kecil yang lebarnya tidak sampai 1 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter; bagian atas pintu dibuat melengkung. Gang-gang di famnya cukup panjang, berbelok-belok dan gelap. Qi dalamnya terdapat kamar-kamar tempat kompeni Belanda berlindung. Bila kita naik ke atas benteng, akan tampak jelas bahwa benteng ini menghadap ke laut. Di atas benteng ini masih tampak jelas bekas menara pengintai. Pada tahun 1713 benteng ini diperluas lagi oleh Belanda.

Advertisement

pada saat dibangun, benteng ini berada di tepi laut. Namun kini pantai tersebut telah berubah wajah menjadi hamparan alang-alang serta pohon kelapa. Di sebelah barat benteng ini terdapat sebuah kelenteng Cina yang konon merupakan kelenteng tertua di Indonesia (sekitar 200 tahun). Menurut kisah, kelenteng yang terawat baik dan cukup megah ini merupakan hadiah Raja Banten bagi masyarakat Cina. Banyak wisatawan Eropa, terutama Belanda, mengunjungi benteng ini untuk bernostalgia.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksut benteng speelwijck
  • apa yg di maksut benteng speelwijck
  • materi tentang benteng siotompina

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksut benteng speelwijck
  • apa yg di maksut benteng speelwijck
  • materi tentang benteng siotompina