Advertisement

BETTINO CRAXY
Adalah Perdana Menteri Italia pertama dari Partai Sosialis. Ia dilahirkan di Milano, Italia. Ayahnya ahli hukum keturunan Sicilia yang menetap di Milano. Sejak remaja Craxy menjadi anggota Partai Sosialis Italia. Pada usia 25 tahun, ia menjadi pengurus cabang partai di Sesto San Gionanni yang terkenal sebagai kubu komunis. Tahun 1968, ia duduk dalam Dewan Perwakilan Rakyat dan tahun 1970 menjadi salah seorang dari tiga sekretaris Partai Sosialis Italia.

Enam tahun kemudian ia menjadi ketua partai yang telah mulai pecah menjadi tiga fraksi, yakni Liberal, Marxis, dan Demokrat. Pada kongres partai di Palermo, Mei 1981, secara aklamasi ia dikukuhkan sebagai ketua partai yang sudah utuh kembali kendati harus terdiri atas dua fraksi, yakni Sosial Demokrat dan Atlantis. Dalam masa jabatannya yang kedua ini, ia berhasil membedakan partainya dari partai komunis yang saat itu jauh lebih besar.

Advertisement

Dari tahun 1979 – 1983, partai sosialis empat kali menjadi anggota koalisi. Walau dalam pemilihan umum 1979 hanya memperoleh dukungan kurang dari 10 persen, partainya berhasil muncul sebagai partai ketiga terbesar.
Keputusan untuk menarik partainya keluar dari koalisi pemerintahan berintikan Kristen Demokrat, bulan April 1983, menyebabkan pemilihan umum di Italia harus dilangsungkan sebelum waktunya. Dalam pemilihan umum itu partai Craxy keluar sebagai pemenang, dan karena itu ia menjadi perdana menteri.

Advertisement