Advertisement

MENGENAL BLAISE PASCAL, (1623 – 1662) – Ilmuwan, mate-matikawan Perancis, yang juga menjadi penulis buku keagamaan. Pascal telah menjadi piatu waktu berumur tiga tahun, sehingga ia diasuh oleh kedua kakak perempuannya. Pascal tidak pernah benar-benar bersekolah, karena ia dididik sendiri oleh ayahnya. Lewat ayahnya Pascal mengenal beberapa ilmuwan besar seperti Pierre Fermat, Romo Mersenne (kolega Rene Descartes), dan Gilles de Roberval.

Pascal tertarik pada percobaan Torricelli (tabung kaca yang berisi merkurium yang ditunggingkan ke dalam mangkuk berisi merkurium, sehingga terdapat ruang hampa di atas tinggi kolom 76 sentimeter). Dengan eksperimen yang mirip ia membuktikan salahnya keyakinan banyak orang sejak jaman Aristoteles bahwa ruang hampa itu tidak ada.

Advertisement

Dalam mempelajari teori permainan, Pascal menemukan rumus yang sampai sekarang disebut segi tiga Pascal. Karya matematikanya yang lain adalah mengenai sikloid.

Suatu hukum dalam hi- drostatika menyandang namanya pula. Satuan tekanan dalam Sistem Internasional diberi pula nama pascal.

Dalam tahun 1646 seluruh keluarga Pascal masuk aliran Jansenisme, yaitu suatu aliran dalam agama Katolik yang tanpa kompromi menganut teologi Agustinus dan mengingkari keduniawian. Salah satu kakaknya menjadi biarawati, dan yang lain menikah. Hal-hal ini menyebabkan Pascal kesepian. Pascal banyak menulis hal-hal agama, sebagian baru diterbitkan setelah ia meninggal. Dorongan menulis itu sebagian adalah untuk membela Antoine Arnauld, pemimpin kaum Jansenis, terhadap Fakultas Teologi Sorbonne.

Advertisement