Advertisement

MENGENAL CAROLUS LINNAEUS (1707-1778) – Seorang ahli ilmu pengetahuan alam dan ahli botani asal Swedia yang terkenal. Dialah yang menetapkan sistem tata nama organisme dan menciptakan deskripsi ringkas, sekaligus menyusun sistem klasifikasi tumbuhan dan hewan, yang dipakai hingga kini.

Linnaeus lahir di R&shult, Swedia, dengan nama Karl von Linne. Sejak kecil ia menyukai tumbuh-tum­buhan, sehinggaia dijuluki ahli botani kecil. Ia masuk fakultas kedokteran di Universitas Lund, lalu di Upp­sala. Selama di sekolah kedokteran ia mulai mengo­leksi serangga serta mencatat dan memerikan tum­buhan yang ia kenal. Pada tahun 1732 ia mengadakan penelitian di Lapland untuk Akademi Ilmu Pengeta­huan Uppsala. Tiga tahun kemudian ia pergi ke Be­landa yang saat itu menjadi pusat penelitian botani. Ia memperoleh gelar doktor di Universitas Harderwijk Belanda. Di negeri itu pula ia menyelesaikan dan me­nerbitkan bukunya berjudul Fundamenta Botanica Bibliotheca Botanica, dan Genera P lantar um, yakni kumpulan catatannya yang ia bawa dari Swedia.

Advertisement

Tata nama yang dipakai Linnaeus disebut sistem binomial. Dalam sistem ini setiap organisme diberi nama yang terdiri atas dua kata Latin atau Yunani. Kata yang pertama menunjukkan marga, sedangkan yang kedua menentukan jenis. Pohon mangga, misal­nya, diberi nama ilmiah Mangifera indica, sedangkan ikan mas Cyprihus carpio. Linnaeus menulis sistem etik tentang tata nama tumbuhan dalam buku Species Plantarum (1753) dan untuk hewan dalam edisi ke-10 Systema Naturae (1758). Dalam Species Plantarum, ia telah mencatat 7.000 lebih nama tumbuhan.

Advertisement