Advertisement

Penulis Inggris yang terkenal dengan cerita petualangannya, Robinson Crusoe. Ia juga dianggap pelopor novel dan jurnalistik modern Inggris, karena kemampuannya menyajikan suatu kisah secara realistik, meyakinkan, dan memikat.

Daniel Defoe lahir di London. Jalan hidupnya berliku-liku dan tidak mulus. Pernah beberapa kali ia masuk penjara karena pamflet yang disebarkannya. Masih dalam penjara, ia mulai menerbitkan surat kabar The Review yang keluar tiga kali seminggu sampai dilarang tahun 1713. ”

Advertisement

Hovel Defoe mencerminkan perjuangannya. Robinson Crusoe (1719) menceritakan kisah seorang pelaut yang terdampar di pulau terpencil tanpa penghuni. Berkat ketabahan hati, akal, dan kerja keras, Crusoe berhasil mengubah pulau tersebut menjadi pemukiman yang menyenangkan. Konon cerita ini adalah petualangan nyata dari Alexander Selkirk. Kisah petualangan ini tetap digemari sampai sekarang. Moll Flanders (1722), karya Defoe terbesar kedua, mengisahkan pencuri dan pelacur. Walaupun situasi dan keadaan mereka berbeda sekali, ada persamaan mendasar di antara keduanya. Dari keterpencilan dan bayangan-bayangan yang menakutkan, mereka berusaha maju dengan jalan apa pun supaya hidup mereka terjamin. Inilah yang menjadi tema sebagian besar buku karya.

Sebagai seorang penentang kaum Konformis, Defoe menolak menjadi anggota Gereja Inggris. Dan dengan cara apa pun, ia berusaha untuk didengar dan diakui.

Incoming search terms:

  • karya karya daniel defoe

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • karya karya daniel defoe