Advertisement

Anak sulung Drestarastra, akhirnya menduduki singgasana Astina. Dalam pewayangan di Indonesia, Duryudana, yang juga disebut Suyudana, merupakan lambang keserakahan. Ia merupakan contoh tokoh yang suka mengambil hak orang lain.

Duryudana merupakan anak sulung dari 100 orane bersaudara kembar yang lahir bersamaan waktunya. Ini sesuai dengan permohonan ibunya, Dewi Gendari, yang menginginkan punya banyak anak guna nyaingi keturunan Pandu Dewanata, iparnya.

Advertisement

Dalam memerintah Astina, Duryudana sangat dipengaruhi oleh Patih Sengkuni dan ibunya. Banyak akal jahat Sengkuni yang dilaksanakan Duryudana dan adik-adiknya, sehingga keluarga Pendawa mengalami kesengsaraan.

Raja Astina itu akhirnya tewas terbunuh oleh Bima dalam suatu perang tanding adu gada dalam Baratayuda. Duryudana yang sebenarnya kebal hampir seluruh tubuhnya akhirnya tewas karena pangkal paha kirinya, yang merupakan satu-satunya bagian tak kebal, terhantam gada Bima. Rahasia kelemahan Duryudana ini diketahui Bima melalui isyarat yang diberitahukan Kresna, penasihat Pandawa.

Baca juga KURAWA.

Incoming search terms:

  • arti duryudhana
  • arti kata duryudana

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti duryudhana
  • arti kata duryudana