Advertisement

MENGENAL  EDDY JUSUF – Pemain bulutangkis In­donesia tahun 1960-an. Ia spesialis tunggal putra yang andal, yang pernah mengalahkan pemain terkemuka Malaya, Wong Peng Soon, juara bulu tangkis All Eng­land empat kali (1949, 1950, 1951, dan 1952). Ed­dy mengalahkannya dalam pertandingan eksibisi, sua­tu pertandingan tak resmi, di Jakarta tahun 1955. Ka­rena jasa-jasanya, dari Pemeritah RI ia mendapat penghargaan berupa Bin­tang Satya Lencana Kebu­dayaan, Bintang Satya Lencana Kesetiaan, dan Tanda Kehormatan Bin­tang Jasa. Penghargaan itu diterimanya antara tahun 1961-1964.

Eddy Jusuf dilahirkan di Surabaya, tetapi dibesar­kan di Jakarta dan Ciamis. Selain bulutangkis, ia ju­ga menggemari bola voli, bola tangan, dan sepak bola. Kariernya sebagai pemain bulu tangkis dimulai de­ngan mengalahkan Tan King Gwan dalam kejuaraan tunggal putra di Surabaya tahun 1949. Kariernya te­rus menanjak. Ia antara lain memenangkan kejuaraan India dua kali, dan menjadi runner up pada kejuara­an di Malaya.

Advertisement

Ketika Indonesia pertama kali ikut dalam perebutan Piala Thomas pada tahun 1957 di Singapura, Eddy Jusuf, yang dikenal memiliki smes silang dan per­mainan net yang mulus, terpilih menjadi anggota re­gu Indonesia bersama Ferry Sonneville, Tan Joe Hok, Tan King Gwan (Darmawan Saputra), Tan Po Djian (Pujianto), Nyoo Kiem Bie (Kusbianto), dan Olich Solichin. Mereka berhasil berhasil merebut Piala Thomas dari regu Malaya dengan angka 6 – 3. Tahun 1967 Eddy terakhir ikut sebagai anggota regu Piala Thomas Indonesia. Bersama Tan Joe Hok, ia meru­pakan pemain cadangan.

Setelah mengantungkan raket, ia tetap aktif dalam organisasi PBSI dan sebagai pelatih. Tahun 1980, ia bertugas sebagai ketua pelatih dan tim manager ke kejuaraan bulutangkis invitasi internasional. Ia juga menjadi wakil ketua perkumpulan olahraga Pelita Jaya.

Incoming search terms:

  • Eddy jusuf lahir
  • pengertian KIEM
  • profil Eddy jusuf

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Eddy jusuf lahir
  • pengertian KIEM
  • profil Eddy jusuf