Advertisement

Ahli sosiologi Perancis. Berbagai tulisan dan teorinya menjadi sumbangan bagi penyusunan ilmu sosiologi modern. Durkheim tidak sependapat dengan pandangan umum para ahli sosiologi angkatan 1800-an, yang menganggap individu sebagai dasar terbentuknya tatanan sosial. Ia sendiri menganggap sosiologi sebagai studi tentang kelompok masyarakat yang melingkupi dan mempengaruhi tindakan individu. Ia menulis semua teori sosiologinya itu dalam buku Syarat-syarat Metode Sosiologi (1895).

Tahun 1893, Durkheim menulis buku Pembagian Kerja. Dalam buku ini Durkheim mengembangkan teorinya, bahwa kelompok-kelompok sosial terikat oleh dua bentuk kesatuan dasar, yakni kesatuan mekanis dan kesatuan organis. Sebagian besar anggota kelompok, seperti nilai-nilai moral dan agama; kesatuan organis terjadi sebagai akibat adanya pembagian kerja. Durkheim yakin bahwa pembagian kerja menimbulkan ketergantungan, dan dengan demikian membentuk kesatuan dalam lingkup sosial.

Advertisement

Tahun 1897, ia menulis Bunuh Diri. Dalam buku ini, Durkheim memaparkan teorinya bahwa keputusan bunuh diri yang diambil oleh seseorang disebabkan oleh adanya pengaruh lingkup sosial. Durkheim lahir di Epinal, Perancis.

 

Incoming search terms:

  • Pengertian dari Durkheim

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Pengertian dari Durkheim