Advertisement

Seorang misionaris Yesuit yang menyebarkan agama Katolik di India, Malaysia, Jepang, dan Indonesia. Beberapa tempat di Indonesia yang pernah dilewatinya ialah Maumere-Flores dan Maluku.

Terlahir dari kalangan bangsawan yang diharapkan untuk melanggengkan kekayaan keluarga, Fransiskus ditentang keras keluarganya ketika ia berkeinginan masuk biara. Namun pengenalannya dengan Ignatius dari Loyola, pendiri Serikat Yesus, memperkuat ke­inginannya menjadi imam. Pada tahun 1537, ia di­tahbiskan menjadi imam.

Advertisement

Fransiskus termasuk generasi pertama Serikat Yesus yang pada saat berdirinya hanya beranggotakan be­berapa orang. Semula ia hanya menjadi sekretaris jenderal serikat, namun atas permintaan Paus Yo- hanes III, ia dikirim ke tanah misi. Daerah kerjanya yang pertama ialah Goa, India. Ia tiba di sini tahun 1542. Penyebaran agama yang dilakukannya berhasil sehingga oleh orang Katolik India ia dipandang sebagai salah satu dari dua rasul India. Rasul India lainnya ialah Thomas murid Yesus. Kemampuannya menyebar agama sangat didukung oleh kemampuannya berbicara dan meyakinkan orang.

Terdorong keinginan menyebarkan agama di Je­pang, pada tahun 1549, ia mendarat di Pelabuhan Kagoshima. Hanya sebagian kecil orang Jepang yang dapat dikristenkannya, tetapi mereka menjadi pe­meluk yang setia. Ketika terjadi penindasan agama, kebanyakan orang Kristen Jepang ini menjadi martir.

Mengikuti para pelaut Portugis, ia sempat me­nyinggahi Indonesia sebelum melanjutkan perjalan- nya kembali ke daratan Asia. Ketika tiba di Pulau Shangchwan, ia jatuh sakit dan meninggal. Konon, iada saat hendak meninggal, mukanya ditelengkan ke daratan Cina, karena keinginannya untuk menjadi mi­sionaris di sana sangat besar namun belum tercapai. Ketika hendak dikuburkan, ke dalam peti kuburan­nya disertakan kapur tohor agar mayatnya cepat mem­busuk, dengan maksud agar kerangkanya segera di­bawa ke Goa. Satu setengah tahun kemudian ketika digali, mayatnya masih utuh. Mayatnya kemudian dibawa dan disimpan di Goa dan masih awet hingga hari ini. Tahun 1622, ia diberi gelar santo. Pestanya dirayakan tanggal 3 Desember.

Oleh pihak Gereja Katolik, ia dipandang sebagai salah seorang rasul Timur Jauh terbesar. Fransiskus besar dalam pengertian bahwa daerah operasinya besar, daya persuasinya besar, dan jumlah orang yang dibaptisnya juga besar.

Incoming search terms:

  • fransiskus xaverius menyebarkan agama katolik di
  • arti SAVERIUS dalam katolik
  • Fransiskus xaverius pengertiannya
  • wilayah penyebaran agama katolik santo fransiskus xaverius

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • fransiskus xaverius menyebarkan agama katolik di
  • arti SAVERIUS dalam katolik
  • Fransiskus xaverius pengertiannya
  • wilayah penyebaran agama katolik santo fransiskus xaverius