MENGENAL FRIEDRICH ENGELS (1820-1895)

74 views

Filsuf sosialis Jerman, sahabat dekat Karl Marx. Bersama Marx, Engels menulis Manifest der Kommunistischen Partei (Manifesto Komunis, 1848); ia sendiri menyun­ting jilid 1 dan 2 buku Das Kapital karya Marx.

Friedrich Engels tumbuh dalam keluarga pengusaha tekstil kaya raya yang ber­pandangan politik mode­rat, dan taat akan ajaran Protestan. Walaupun kelak mengecam pedas nilai ke­agamaan dan tradisi ke­luarganya, Engels tetap mendapat dukungan ke­uangan dari orang tuanya.

Ia sangat cerdas dan me­minati berbagai bidang, terutama kemiliteran. Tetapi ayahnya menginginkannya menjadi pengusaha. Ketika dikirim ke Bremen oleh ayahnya untuk mengurusi bi­dang ekspor pada tahun 1838-1841, Engels tidak mengalami kesulitan. Dalam keseharian, ia tampil se­bagai layaknya seorang pengusaha; namun ia selalu menyempatkan diri memuaskan minat besarnya seba­gai intelektual. Ia mempelajari berbagai bahasa, juga membaca berbagai tulisan tokoh “Angkatan Muda Jerman” yang terlarang. Ia juga membaca berbagai tulisan dari “Angkatan Muda Hegelian” yang mene­rima proses dialektika sebagai keyakinan. Pada ma­sa itulah Engels berubah menjadi seorang ateis dengan menolak dasar Kristiani yang dianggapnya irasional karena tidak menerima proses dialektika.

Pada tahun 1842 Moses Hess berhasil meyakinkan Engels bahwa konsekuensi logis dari filsafat Hegel dengan dialektikanya adalah komunisme. Inilah saat Engels menerima komunisme yang menghalalkan re­volusi sebagai alat untuk mendobrak tatanan sosial. Engels pun pergi ke Manchester, Inggris, tempat ke­lahiran revolusi industri. Di kota ini ia melihat sen­diri situasi sosial yang diwarnai dengan semakin ba­nyaknya kaum proletar dan semakin seringnya terjadi konflik antarkelas. Pada tahun 1845, ketika berada kembali di Barmen, Engels menerbitkan Die Lage der arbeitenden Klasse in England (Kondisi Kelas Peker­ja di Inggris, 1845), yang kelak menjadi sumber utama pemikiran Marx. Engels berpendapat bahwa jika si­tuasi sosial seperti di Manchester itu terus berlanjut, yang akan terjadi adalah jurang yang semakin lebar dan dalam antara para pemilik modal dan kelas pe­kerja.

Beberapa karya penting yang ditulis Engels antara lain Herrn Eugen Duhrings Umwalzung der Wissen- schaft (Revolusi Ilmu Pengetahuan Eugen Duhring, r4 1877-1878), Die Entwicklung des Sozialismus von der, Utopie zur Wissenschaft (Perkembangan Sosialisme dari Utopia ke Ilmu Pengetahuan, 1882), serta Der Ursprung der Familie, des Privateigenthums unc des Staats (Asai Mula Keluarga, Milik Pribadi, dai. Ne­gara; 1884).

Persahabatan Engels dengan Marx juga terjalin da­lam hubungan pribadi. Ketika Marx tidak mempunyai uang, Engels menulis banyak artikel kecil dengan na­ma Marx. Sering kali kehidupan Marx dan keluarga­nya ditunjang Engels dengan uang yang dihasilkan dari usahanya menjalankan pabrik tekstil milik ayah­nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *