Advertisement

MENGENAL GEORGE SMITH PATTON (1885-1945) – Jenderal Angkatan Bersenjata Amerika Serikat yang terkenal dengan strategi perang tank di daratan Eropa dan Laut Tengah dalam Perang Dunia II. Ia disegani karena berdisiplin tinggi serta cenderung kasar. Itulah sebabnya ia dijuluki Old Blood and Guts.

Patton lahir di San Gabriel, Kalifomia. Amerika Serikat. Ia berasal dari sebuah keluarga Virginia yang sudah sejak lama terbiasa dengan tradisi militer. Pada tahun 1909 ia lulus dari West Point di New York, akademi militer sangat terkenal yang mencetak sejumlah tokoh militer terkenal. Beberapa kali Patton berhasil memimpin pasukannya merebut kemenangan demi kemenangan. Di Afrika Utara, akhir 1942, ia memimpin Western Task Force mendarat di Moroko. Pada tahun berikutnya ia berhasil memimpin Second U.S. Army Corps mencapai salah satu kemenangan besar dalam perang di El Guettar. Masih di tahun 1943, Patton memimpin komando Armada VII. Bersama Armada VIII Inggris, armadanya merebut Pulau Sisilia dalam waktu 39 hari.

Advertisement

Meskipun kariernya cemerlang, sikapnya yang keras dan kaku hampir saja menyebabkan reputasinya tergelincir. Dalam suatu inspeksi ke rumah sakit militer ia bertindak kasar terhadap dua orang anak buahnya. Ia mengira kedua anak buahnya itu hanya berpura-pura sakit, padahal mereka betul-betul sedang sakit; seorang di antaranya terserang malaria. Patton mendapat kecaman pedas atas sikapnya itu. Bahkan ia diminta Jenderal Dwight D. Eisenhower untuk meminta maaf secara terbuka, dan Kongres menunda promosi kenaikan pangkatnya. Namun dengan keberhasilannya memimpin pasukannya merebut wilayah kekuasaan Jerman di Perancis, pangkatnya akhirnya dinaikkan menjadi jenderal penuh.

Advertisement