Advertisement

Yang bernama asli Goldie Mabovitch, salah seorang pendiri dan perdana menteri keempat negara Israel (1969-1974). Nama Golda Meir mulai digunakan sejak ia menjabat menteri luar negeri Israel (1956).

Goldie Mabovitch dilahirkan di Kiev, Uni Soviet. Bersama orang tuanya ia beremigrasi Amerika Serikat pada tahun 1906. Pada tahun 1921 ia beremigrasi ke Palestina bersama suaminya, Morris Myerson. Dalam masa Perang Dunia II Meir tampil sebagai pejuang penting Zionisme (gerakan membentuk negara Yahudi). Ia bahkan secara pribadi berusaha mencegah Raja Abdullah (Yordania) untuk tidak ambil bagian bersama negara-negara Arab lainnya menyerang Israel.

Advertisement

Setahun setelah kemerdekaan Israel, Meir terpilih menjadi anggota Knesset (parlemen Israel, 19491974). Meir adalah juga pemimpin Partai Buruh (1949-1956) yang gigih memperjuangkan peningkatan perumahan dan kesehatan kaum buruh. Semasa menjabat menteri luar.negeri (1956-1966) ia memprakarsai politik mendukung pengakuan atas sejumlah negara baru di Afrika. Meir menjadi perdana menteri pada tahun 1969, menyusul kematian Perdana Menteri Levi Eshkol di tahun itu. Meir melakukan sejumlah kunjungan dan hubungan diplomatik ke beberapa negara dengan tujuan menjaga situasi damai di wilayah Timur Tengah.

Usaha perdamaiannya itu terhalang oleh Perang Arab-Israel ke-4 (1973) yang dimenangkan Arab. Akibatnya, Meir harus bekerja keras membangun kembali pemerintahan koalisi. Usahanya berhasil (1974). Namun sebulan setelah keberhasilannya itu ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri.

Incoming search terms:

  • arti dari golda meir

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti dari golda meir