Advertisement

MENGENAL GUSTAV ROBERT KIRCHHOFF, (1824-1887) – Seorang fisikawan Jerman, yang memperoleh pendi­dikan di Universitas Koenigsberg, dan bekerja di Uni­versitas Heidelberg. Namanya tercantum pada suatu hukum mengenai arus listrik dan tegangan pada suatu jaringan.

Karya Kirchhoff dalam analisis spektrokimia dan termodinamika radiasi sangat terasa dampaknya da­lam astronomi, fisika, dan kimia. Dalam tahun 1859 bersama kimiawan Robert Bunsen, Kirchhoff memu­lai suatu proyek analisis kimia dengan menggunakan metode dan peralatan fisika, yaitu dengan mengukur panjang gelombang dan intensitas cahaya yang dipan­carkan oleh suatu contoh, bila contoh ini ditaruh da­lam nyala. Mereka menggunakan prisma kaca untuk menguraikan berkas cahaya. Analisis spektrokimia ini masih digunakan orang sampai sekarang.

Advertisement

Kirchhoff juga berhasil memastikan bahwa garis Fraunhofer (garis-garis gelap dalam spektrum cahaya matahari) disebabkan oleh penyerapan cahaya mata­hari oleh unsur-unsur yang berada dalam atmosfer matahari. Teori ini juga dapat diterapkan terhadap ca­haya bintang, sehingga tersusunlah dasar astrofisika. Hubungan antara garis terang dan garis gelap dalam spektra mendorong Kirchhoff melontarkan hukum ra­diasi, yaitu hukum mengenai penyerapan dan peman­caran cahaya.

Advertisement