Advertisement

Salah satu tokoh kesusastraan realisme Perancis tahun 1800-an. Tu­tur dan bentuk bahasanya indah. Karyanya tidak per­nah terasa sentimental, namun tetap manusiawi. Me­lalui karyanya, Flaubert selalu memberi gambaran ten­tang dirinya yang tidak saja realistik, tetapi juga ro­mantik, dengan sedikit kecenderungan skeptis dan pesimistis.

Bukunya yang terkenal adalah Madame Bovary (1856), yang melukiskan kehidupan penduduk di se­buah kota kecil Perancis secara jujur dan objektif. Da- am buku ini ia menceritakan juga seorang istri yang nanya menemukan kejemuan dalam perkawinannya, ialu menyeleweng, dan akhirnya bunuh diri. Ketika cerita ini untuk pertama kalinya muncul dalam sebuah majalah (1856), Flaubert dihadapkan ke meja hijau dengan tuduhan melanggar kesusilaan. Karyanya yang lain yang juga terkenal, Sebuah Pendidikan yang Sen­timental (1869), sejenis autobiografi yang memapar­kan realisme kehidupan; lalu cerita fantasi yang sa­ngat indah Cobaan Santo Antonius (1874).

Advertisement

Flaubert lahir di Rouen, Perancis. Ia hidup me­nyendiri, memusatkan seluruh hidupnya dalam kesu­sastraan. Kecintaannya yang mendalam terhadap ke­indahan artistik sama dengan kebenciannya terhadap materialisme.

Advertisement