Advertisement

Penulis wanita AS yang dikenang terutama karena novelnya yang berisi pandangan antiperbudakan, Uncle Tom s Cabin (1852). Novel ini mempertajam pertentangan antara Utara dan Selatan yang akhirnya menjurus kepada perang saudara. Ayahnya adalah pendeta Presbyterian dan kepala sekolah teologi di Cincinnati, Ohio. Suaminya, Calvin Stowe, ikut mengajar di sekolah ini.

Di daerah tempat tinggal Stowe di Cincinnati masih terdapat perbudakan. Harriet sering mendengarkan keluhan dan jeritan budak-budak yang melarikan diri. Selain itu, lewat kunjungan-kunjungannya ke daerah Selatan, ia melihat penderitaan yang ditimbulkan oleh perbudakan. Semua pengalaman itu membulatkan tekadnya untuk berbuat sesuatu agar perbudakan itu tidak berlanjut.

Advertisement

Uncle Tom’s Cabin muncul pertama kali sebagai serial dalam National Era, surat kabar anti perbudakan di Washington, DC (185 1 -1852). Bukunya terbit tahun 1852 dan dalam waktu satu tahun penjualannya mencapai lebih dari 300.000 kopi. Karangan Stowe lainnya adalah Dred: A Tale of the Great Dismal Swamp (1856), The Minister s Wooing (1859), Old- town Folk (1 869), dan Poqanuc People (1878).

Advertisement