Advertisement

MENGENAL HELMUT KOHL – Kanselir atau perdana menteri Jerman Barat (1982), menggantikan Helmut Schmidt yang menerima mosi tidak percaya dari Bundestag (parlemen federal). Melalui pemilihan bu­lan Maret 1983, Kohl terpilih kembali.

Kohl lahir di Ludwigshafen. Ia kuliah di Universi­tas Frankfurt dan Heidelberg, menerima gelar doktor ilmu politik dari Universitas Heidelberg. Ketika men­jadi anggota organisasi pemuda di bawah naungan CDU (Partai Kristen Demokrat), namanya mulai me­nonjol. Pada tahun 1959 ia menjadi anggota parlemen wilayah Rhineland-Palatinate. Selama tahun 1969 hingga 1976 ia menjabat perdana menteri untuk wilayah tersebut, kemudian menjadi anggota Bundestag sejak tahun 1976. Ia juga menjabat ketua Partai Kris­ten Demokrat sejak tahun 1973.

Advertisement

Sebagai kanselir Jer­man Barat Kohl dikritik oleh partainya sendiri, ter­utama karena kecende­rungannya membiarkan suatu masalah sampai ter­pecahkan dengan sendiri­nya. Ia juga dikritik karena menjalin hubungan terlalu erat dengan Amerika Seri­kat dalam politik luar ne­gerinya, dan terlalu kon­servatif dalam politik dalam negerinya. Kohl ki­ni menghadapi masalah politik luar negeri sekali­gus dalam negeri yang rumit sehubungan dengan tun­tutan penyatuan kembali kedua Jerman yang terutama datang dari Jerman Timur.

Advertisement