Advertisement

Dianggap sebagai pe­lopor konsep manajemen terkemuka di Eropa. Dialah yang merintis penyusunan dasar-dasar sistematika ma­najemen modern yang masih dipelajari sampai se­karang.

Sumbangan pemikirannya, yang kemudian dikenal dengan Fayolisme, dituangkan dalam Administration Industrielle ei Generate’ yang terbit di Perancis pada tahun 1916. Pecahnya Perang Dunia I, ditambah be­berapa sebab lain yang kurang jelas, mengakibatkan buku itu baru terbit dalam bahasa Inggris 13 tahun kemudian. Pada saat itu konsep scientific management yang dikemukakan oleh Taylor sudah menyebar ke seluruh Eropa. Keterlambatan penerjemahan ini me­nyebabkan konsep Fayol menjadi nomor dua setelah konsep Taylor yang sedang populer. Semua keberha­silan dalam pembangunan fisik yang dicapai oleh Amerika Serikat pada waktu itu dianggap sebagai hasil dari penerapan konsep Taylor. Anggapan ini pun me­landa Perancis, dan semua orang di negara ini berlomba-lomba mempelajari serta menerapkan scien­tific management. Padahal, Henri Fayol sendiri lahir di Perancis.

Advertisement

Pada tahun 1949 buku karangan Fayol itu baru di­terbitkan dan beredar di Amerika dengan judul Ge­neral and Industrial Management. Berlawanan de­ngan Taylor yang memulai konsepnya dari tingkatan pekerja terendah ke atas, Fayol mengadakan pende­katan dari pimpinan puncak ke bawah. Teorinya ini meraih sukses besar tidak hanya dalam bidang bisnis dan industri, tetapi juga dalam banyak bidang Ia berpendapat bahwa ada tiga prinsip penting dalam pengembangan ilmu manajemen.

Henri Fayol lahir di Perancis dalam keluarga bor­juis pada tahun 1841. Ketika berusia 19 tahun ia diang­kat menjadi ahli teknik yunior pada S.A. Commentry- Fourchambault, sebuah perusahaan pertambangan be­sar di Perancis pada masa itu. Pada tahun 1888 ia su­dah menjadi orang nomor satu dan menjabat Presi­den Direktur perusahaan tersebut. Perusahaan ini hampir bangkrut ketika ia mulai memegang tampuk pimpinan. Pada tahun 1918, ketika Fayol pensiun, po­sisi keuangan perusahaan itu tidak terkalahkan di se­luruh Perancis.

Incoming search terms:

  • buku henry fayol yang terbit di indonesia
  • mengenal henry fayol

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • buku henry fayol yang terbit di indonesia
  • mengenal henry fayol