Advertisement

MENGENAL HENRY ALFRED KISSINGER – Ilmuwan dan negarawan AS yang mempunyai pengaruh besar dalam politik AS tahun 1970-an. Dalam pemerintahan Presiden Nixon dan Presiden Ford ia menjadi Penasi­hat Dewan Keamanan Nasional dan Menteri Luar Ne­geri.

Henry Kissinger lahir di Jerman. Karena ia orang Yahudi, untuk menghindari kejaran kaum Nazi, orang tuanya membawanya ke AS tahun 1938. Tahun 1943, setelah memperoleh kewarganegaraan AS, ia masuk dinas militer dan dikirim ke Eropa. Seusai Perang Du­nia II ia belajar lagi dan memborong tiga gelar dari Universitas Harvard. Ia mengajar di universitas ini sambil menjadi konsultan berbagai lembaga pemerin­tah. Bidang yang sangat dikuasainya adalah bidang hubungan internasional. Atas permintaan Departemen Luar Negeri ia mengadakan penelitian tentang hu­bungan AS – US. Bukunya Nuclear Weapon and Fo­reign Policy (1957) mengukuhkannya sebagai tekno­krat politik. Buku ini kemudian disusul dengan buku lain, The necessity for Choice (1961).

Advertisement

Tahun 1969 Kissinger diangkat Nixon sebagai Pe­nasihat Keamanan Nasional dan tahun 1973 sebagai Menteri Luar Negeri. Keberhasilannya antara lain ia­lah pembukaan kembali hubungan AS dengan RRC, perbaikan hubungan AS dengan US yang meng­hasilkan persetujuan SALT (Pembicaraan Pengu­rangan Senjata Strategi), dan penarikan mundur tentara AS secara terhormat dari Vietnam. Berkat di­plomasinya pertempuran antara Israel di satu pihak dan Mesir dan Suriah di lain pihak dalam Perang Yom Kippur (1973) dapat dihentikan segera. Ia juga berha­sil memperbaiki hubungan AS dengan Mesir yang pu­tus tahun 1967.

Sewaktu Nixon jatuh, ia tetap menjadi Menteri Luar Negeri di bawah Presiden Gerard Ford. Tahun 1973 ia menerima Hadiah Nobel Perdamaian bersama Le Due Tho, lawan berundingnya dari Vietnam Utara, untuk keberhasilannya mengakhiri Perang Vietnam.

 

Incoming search terms:

  • arti henry kisinger
  • ARTI KISINGER

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti henry kisinger
  • ARTI KISINGER