Advertisement

HERNANDO CORTES, (1485-1547)
Penakluk kelahiran Spanyol yang menjadi peletak dasar kekuasaan Spanyol di benua Amerika, terutama di Amerika Tengah dan Meksiko. Semangat petualangannya sudah : dimulai sejak ia remaja, ketika ia keluar dari Universitas Salamanca. Keinginannya bertualang mengalahkan kemauannya meneruskan pendidikan hukumnya. Cortes, yang sering juga disebut Fernando Cortez, dilahirkan di Medellin, Spanyol.

Pelayarannya yang pertama adalah ke Hindia Barat pada fahun n02. Sebelum berlayar ke Meksiko pada tahun 1511 ia menyerang Kuba. Selain itu, ia berhasil pula melakukan ekspansi ke Honduras. Sebelum akhirnya ia kembali ke Spanyol dan meninggal di sana, ia berlayar ke Kalifornia pada tahun 1528.

Advertisement

Penaklukan atas Meksiko dimulainya pada tahun 1519 ketika ia bersama armadanya mendarat di dekat Veracruz. Kedatangan mereka ini disambut baik oleh masyarakat Indian Aztek yang berdiam di daerah p itu. Sebagai penguasa kerajaan Aztek, Raja Montezuma meyakinkan rakyat Indian bahwa Cortes merupakan penjelmaan Quetzalcoatl, dewa Aztek yang paling dipuja. Oleh sebab itu, kedatangan Cortes disambut baik. Tetapi kebaikan ini dibalas dengan tindakan yang sebaliknya. Cortes mengambil alih kedudukan raja dan mulai melakukan tindakan-tindakan di luar batas, misalnya merusak kuil pemujaan, menambang emas secara berlebih-lebihan.

Keadaan ini tidak berlangsung lama, karena kekuasaan Cortes terbendung dengan datangnya armada Spanyol, yang ditugaskan menumpas tindakan sewenang-wenang Cortes. Halangan dari tentara Spanyol ini berhasil diatasinya, namun pasukannya dipukul mundur oleh rakyat Aztek. Untuk sementara Cortes tidak memperlihatkan perlawanan. Tetapi pada tahun 1521, dengan pasukan yang semakin besar, Cortes menyerang ibu kota Kerajaan Aztek, Tenochititlan. Beberapa bulan kemudian, seluruh Meksiko Tengah telah dikuasainya.

Pada tahun 1524, terdorong semangat petualangannya, Cortes bergerak ke selatan menuju rimba raya Honduras. Ekspedisi selama dua tahun ini menghabiskan banyak biaya, merusakkan kesehatannya, dan mengguncangkan kedudukannya. Laporan, yang buruk tentang dirinya, kepada raja Spanyol, membuatnya harus berlayar kembali ke Spanyol tahun 1528 untuk membela diri. Guna meredakan kemarahan hati raja, ia membawa banyak harta dan hadiah.

Tahun 1530, ia kembali ke Amerika Selatan dan sempat mendirikan istananya di Cuernavaca, 48 kilometer di selatan Mexico City. Selain itu, ia terus berkonsentrasi melakukan eksplorasi di Samudera Pasifik.
Tahun 1540, ia kembali ke Spanyol tetapi keadaan di sana tidak menguntungkannya. Pihak yang tidak senang dengannya terus memojokkannya. Akhirnya Cortes menjadi seorang yang miskin dan terlibat banyak utang. Atas permohonannya, ia diijinkan berlayar kembali ke Amerika Selatan tetapi sebelum persiapannya dirampungkan ia keburu meninggal di Castilleja de la Cuesta.

Advertisement