Advertisement

Ilmu antropologi terbagi dalam lima bagian, di antaranya:
1. Paleo Anthropology adalah bagian ilrnu yang meneliti asal-usul terjadinya dan evolusi makhluk manusia dengan mempergunakan sebagian bahan penelitian sisa-sisa tubuh yang telah membatu, atau fosil-fosil manusia zaman dahulu,
yang tersimpan dalam lapisan-lapisan burni yang didapat oleh si peneliti dengan berbagai metode penggalian.
2. Anthropologi fisik dalam arti fisik, yaitu bagian dari ilmu antropologi yang mencoba mencapai suatu pengertian tentang sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya, dengan memakai sebagian bahan penelitiannya ciri-ciri tubuh, baik yang lahir fenotifik seperti warna kulit , bentuk hidung, tinggi dan bentuk tubuh, maupun yang dalam (genotifik), seperti frekwensi golongan darah. Manusia di muka bumi ini dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan tertentu berdasarkan atas persamaan mengenai beberapa ciri tubuh. Kelompok manusia ini disebut ras.
3. Etnolinguistik atau antropologi linguistik adalah suatu bagian ilmu yang asal mulanya bersangkutan erat dengan ilmu antropologi.
4. Prihistori mempelajari perkembangan sejarah dan penyelenggaraan semua kebudayaan manusia, yaitu kirakira 800.000 tahun yang lalu, hingga sekarang, dibagi ke dalam dua bagian, yaitu: (1) masa manusia sebelum mengenal huruf, dan (2) masa setelah manusia mengenal huruf.
Etnologi adalah bagian ilmu yang mencoba mencapai pengertian mengenai asas-asas manusia, dengan mempelajari kebudayaan-kebudayaan dalam kehidupan masyarakat dari sebanyak mungkin suku bangsa yang tersebar di seluruh muka bumi ini.
Komplek studi antropologi yang menggunakan ilmu psikologi ini sekarang dianggap sebagai sub ilmu atau spesialisasi tersendiri dalam rangka ilmu antropologi, yang disebut etnopsikologi atau antropologi psikologi atau juga studi kebudayaan dan kepribadian.
Spesialisasi yang paling baru dalam antropologi, yaitu sub ilmu antropologi untuk psikiatri. Timbulnya sub-sub antropologi spesialisasi membuka kesempatan berkembang profesiprofesi baru untuk para ahli antropologi, di luar profesi diperguruan atau dalam penelitian, yaitu profesi konsultan dalam pemerintahan daerah maupun nasional, dalam pusat-pusat kesehatan di tingkat propinsi dan dalam bentuk klinik psikiatri.

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar,