Advertisement

Bernama asli Eugene Lodewijk Willem Maulana, gitaris beraliran jazz yang terkenal. Ireng lahir di Jakarta. Ayahnya orang Cirebon, sedangkan ibunya berasal dari Sangir (Sulawesi). Pada usia tujuh tahun ia memperoleh nama tambahan “Ireng” dari sebuah keluarga tempat ia dititipkan oleh orang tuanya. Ireng berasal dari keluarga musikus. Ayahnya gitaris, ibunya penyanyi, kakaknya (Kiboud) musikus jazz, dan pamannya juga musikus jazz yang terkenal pada jamannya. Ireng mengenyam pendidikan musik secara formal di Koninklijk Conservatorium (Den Haag, 1965) dan melalui Beasiswa Fullbright dari Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) ia belajar musik di Konservatori Peabody (Baltimore, Amerika Serikat, 1974).

Pada usia 16 tahun Ireng mulai bergumul dengan berbagai jenis alat musik, terutama gitar. Ia berg bung dalam beberapa kelompok musik dan berpenta$ di restoran dan hotel mewah di Jakarta dan Hew York. Ia juga pernah mengajar bermain gitar di Yayasan Musik Indonesia, Jakarta. Iajuga berga. bung dengan beberapa musikus besar Indonesia seperti Mus Mualim, Bing Slamet, Eddy Tulis, dan Idris Sardi.

Advertisement

Pada tahun 1964 Ireng melawat ke New York untuk mengisi acara New York Fair; lalu pada tahun 1983 mengikuti Festival Jazz Internasional di Singapura (1983). Di sana ke-lompok musiknya yang bernama Ireng Maulana All Stars memperoleh sambutan luar biasa. Ireng pernah pula melakukan rekaman gitar tunggal. Pada tahun 1985 ia menerima penghargaan “Golden Record” dari Akurama Record, Jakarta. Kini ia memimpin Wadah Musik Ireng Maulana Associates yang ia dirikan pada tahun 1979.

Incoming search terms:

  • apa arti kata reco ireng

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa arti kata reco ireng