Advertisement

JAMES COOK, (1728-1779)
Pelaut Inggris dan penjelajah dunia yang tiga kali memimpin pelayaran ke Lautan Pasifik dan dua kali keliling dunia. Kemahiran berlayar dikuasainya dengan cepat. Pada tahun 1755, Cook bekerja di Angkatan Laut Inggris. Setelah 13 tahun, James Cook pertama kali berlayar keiSamudera Pasifik. Angkatan Laut Inggris wr ugasinya memimpin ekspedisi ilmiah ke Tahiti dalam kapal Endeavour. Selain itu, Cook juga mendapat perintah rahasia untuk menemukan benua tak bernama di Pasifik Selatan. Dalam perjalanan itu, para astronomyang dibawanya menemukan planet Venus bergerak di antara.bumi dan matahari.

Tahun 1769, Cook singgah di Kepulauan Selandia Baru. Tahun berikutnya, kapalnya melayari pantai timur Australia. Wilayah pantai itu lalu diakuinya sebagai daerah kekuasaan Inggris. Cook kembali ke Inggris pada tahun 1771. Selama perjalanan pulang, ia berhasil mencegah timbulnya penyakit skorbut, yang biasa menyerang para pelaut, dengan menyediakan cukup buah dan sayur-sayuran.

Advertisement

Setahun kemudian, untuk kedua kalinya Cook melakukan pelayaran untuk menemukan benua baru di belahan selatan bumi. Tetapi, walaupun telah mengelilingi Antartika, ia tidak berhasil menemukan apa yang ia cari.
Dalam pelayaran ketiga yang dimulai tahun 1776, ia berhasil mencapai Kepulauan Hawaii. Ia menamakan kepulauan itu Sandwich Islands. Di sana ia bentrok dengan penduduk setempat karena salah satu perahunya dicuri. Cook mati terbunuh dalam perkelahian itu.

Incoming search terms:

  • pelayaran james cook
  • penjelasan apa itu james cook
  • perjalanan james cook je antarctica

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pelayaran james cook
  • penjelasan apa itu james cook
  • perjalanan james cook je antarctica