Advertisement

Ekonom Inggris yang pandangannya berpengaruh kuat terhadap kebijaksanaan ekonomi negaranya semasa Perang Dunia II (PD II). Ia penerima Nobel Ekonomi bersama Bertil Ohlin (1977).

Kecemerlangan pandangan ekonominya, yang didasarkan pada pandangan Keynes, tampak ketika ia menjadi mahasiswa Oxford dan Cambridge. Padakedua sekolah tinggi terkenal itu ia kelak menduduki posisi penting bidang akademis. Semasa PD II ia ikut menentukan kebijaksaan ekonomi Inggris. Ia menjabat menteri ekonomi semasa Partai Buruh memerintah (1946-1947).

Advertisement

Pandangannya tentang teori kebijaksanaan ekonomi internasional tersaji dalam bukunya berjudul The Theory of International Economic Policy (terbit dalam dua jilid, The Balance of Payments dan Trade and Welfare). Dalam jilid pertama (1951) ia menggabungkan teori Keynes dengan teori neoklasik dalam berbagai kebijaksanaan moneter dan fiskal untuk menemukan keseimbangan pembayaran. Dalam jilid kedua (1955) ia menengahkan beberapa kebijaksaan perdagangan dan dampaknya pada kesejahteraan ekonomi. Bukunya ini kemudian menjadi acuan bagi pemikirannya dalam bidang diskriminasi perdagangan serta proteksi efektif.

Advertisement