Advertisement

JAN PIETERSZOON COEN, (1587-1629)
Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-4. Di Jawa, Coen dikenal dengan nama Murjangkung. Ia adalah pendiri kota Batavia yang sekarang menjadi kota Jakarta. Di bawah pimpinannya, Belanda berhasil menguasai Kepulauan Nusantara dengan mengadudomba raja-raja setempat.

Pada waktu itu, Belanda berada di Kepulauan Nusantara untuk urusan dagang di bawah VOC, perserikatan perdagangan raksasa Belanda yang sangat berpengaruh di negeri itu.

Advertisement

Yang dicari adalah rempah-rempah. Coen berhasil Jan Pieterszoon Coen menguasai perdagangan itu di kepulauan ini dengan mendirikan pos-pos tentara Belanda untuk membantu raja-raja yang berada dalam kesulitan dengan raja
lain, atau dengan orang Portugis dan Inggris. Sebagai imbalan, mereka minta monopoli perdagangan di daerah itu.
Salah satu penentang politik monopoli Belanda yang gigih adalah Sultan Banten. Waktu Coen sedang berada di Maluku, Sultan Banten berhasil menduduki sebagian kawasan Jayakarta (Jakarta). Coen kembali, mengusir orang Banten dari Jakarta, dan membakar permukiman ini. Di atas reruntuhannya, ia mendirikan kota baru, Batavia, yang melambangkan kejayaan VOC. Sultan Mataram, Sultan Agung, yang juga tindak suka dengan tingkah laku Belanda, menyerang T Belanda di tahun 1628 dan 1629. Kedua serangan gagal, tetapi dalam serangan yang kedua Coen menemukan ajalnya. Menurut buku sejarah yang disusun pihak Belanda, Coen meninggal karena serangan penyakit disentri.
Baca juga ANYOKROKUSUMO, SULTAN AGUNG.

Incoming search terms:

  • apa tujuan jan pieterszoon coen mendirikan pos perdagangan
  • arti cooen
  • arti jan pieterzoon coen

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa tujuan jan pieterszoon coen mendirikan pos perdagangan
  • arti cooen
  • arti jan pieterzoon coen