Advertisement

Ahli hematologi dan imunologi Perancis yang bersama-sama George Snell dan Baruj Benacerraf menerima Hadiah Nobel Ilmu Kedokteran tahun 1980 untuk penelitiannya dalam bidang imunologi yang berhubungan dengan keturunan.

Dausset lahir di Toulouse. Sewaktu Perang Dunia II pecah dan Perancis menyerah, Dausset, yang masih mengikuti kuliah ilmu kedokteran, segera menggabungkan diri dengan Perancis yang angkat senjata melawan Nazi Jerman. Seusai perang, ia meneruskan kuliahnya di Universitas Paris dan mendapatkan gelarnya tahun 1945. Di universitas inilah dia berkarya selama dua puluh tahun. Sejak tahun 1977 ia menjadi profesor ilmu kedokteran eksperimental College de France.

Advertisement

Sewaktu sedang menyelidiki reaksi imunologi pada pasien yang menerima banyak transfusi darah, Dausset menemukan bahwa sifat keturunan manusia yang bermacam-macam menyebabkan adanya reaksi berlainan. Ia kemudian membuktikan adanya suatu kom-pleks plasma pembawa sifat HLA (Human Leucocyte A complex) yang ternyata sama dengan kompleks H-2 yang ada pada tikus dalam penelitian Snell. Kedua kompleks ini dapat dipandang sebagai tipe utama MHC (Mayor Histocompatability Complex) khas yang ada pada semua makhluk bertulang belakang.

Incoming search terms:

  • siapa jean baptise dausset

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • siapa jean baptise dausset