Advertisement

Anggrek antel-antelan termasuk anggrek tanah. Daunnya berlipatan. Bibir bunganya bergoyang- goyang bila diterpa angin. Tanaman penghias halaman yang sudah umum dibudidayakan ini juga mempunyai manfaat lain. Daunnya dapat dipakai untuk pembungkus, bijinya bila dicampur dengan air dapat digunakan sebagai bedak tradisional, tepung batang dari jenis yang berbunga kuning dapat digunakan untuk bahan perekat untuk memperbaiki barang-barang keramik. Nama botani anggrek antel-antelan adalah Spathoglottis affinis. Beberapa kerabat dekatnya ada yang gugur daunnya waktu musim kering dan berbunga waktu tanaman t.ampir gundul, seperti Spathogiottis pubeseens. Silangan-silangan yang dihasilkan cukup banyak. Bahkan sejak sebelum Perang Dunia II, Indonesia telah menghasilkan silangan antara Spathogiottis plicata var. vieillardii dengan Spathogiottis gracilis.

Anggrek apuy. Anggrek tanah ini berbunga merah seperti api. Umbi semunya yang pendek itu sering digunakan sebagai obat pengurang rasa sakit pada peradangan. Nama ilmiahnya Phaius tankervUliae. Tanaman penghias halaman ini adalah yang tercantik di antara kerabat-kerabatnya; bunganya harum menyegarkan. Silangan dengan kerabat dekatnya, Calanthe, melahirkan marga silangan Phaiocalanthe.

Advertisement

Anggrek bambu adalah anggrek tanah yang berdaun seperti bambu dan berbatang seperti tebu. Bunganya mirip Cattleya, sangat indah untuk taman atau pagar . Silangannya dengan anggrek antel- antelan menghasilkan anggrek antel-antelan yang ukurannya lebih besar. Anggrek yang mempunyai naina ilmiah Arundinaria graminifolia ini cukup populer.

Anggrek bawang adalah anggrek epifit yang mempunyai umbi semu berbentuk bulat telur mirip bawang. Umumnya kerabat anggrek ini berdaun menyempit; umbi semunya dilapisi pelepah tipis berwarna keperakan. Jenis ini jarang dibudidayakan, karena kurang menarik. Tetapi anggrek ini dapat dipakai sebagai obat tradisional, seperti yang dilakukan oleh penduduk di kaki G. Halimun, Jawa Barat. Mereka memanfaatkan umbi semu anggrek bawang sebagai obat tetes telinga, obat sakit kepala, dan menambah tekanan darah. Nama ilmiah anggrek bawang Acriopsis javanica.

Anggrek bulan merupakan permata belantara Indonesia. Kelompok anggrek epifit ini memiliki batang sangat pendek, daun lonjong melebar, agak berdaging. Bunganya bundar-bundar berwarna putih kuning atau ungu. Yang paling terkenal adalah yang berwarna putih bersih bagaikan bulan purnama atau sekumpulan kupu-kupu muncul dafi gagang perbungaan yang panjang. Nama ilmiahnya Phalaenopsis amabUis. Marga Phalaenopsis terdiri atas kurang lebih 45 jenis; lebih dari setengahnya merupakan tanaman asli Indonesia.

Anggrek buntut bajing. Anggrek epifit ini bunganya menyerupai ekor tupai. Kerabat anggrek ini mempunyai daun bergaris-garis membujur berwarna pucat yang mencirikan bagian vegetatif tanaman tersebut. Batangnya yang pendek dan daunnya yang tebal, kaku dan berwarna gelap dapat membedakannya dengan Aerides. Anggrek dengan nama ilmiah Rhynchostylis ini cukup penting, karena kemampuannya membuat persilangan dengan marga lain dalam persekutuan Vanda. Jenisnya yang populer antara lain Rhynchostylis retusa.

Ki pahit termasuk anggrek epifit, walaupun ada kerabatnya yang hidupnya di tanah. bernama ilmiah Ccraloslylis lalifolia ini daun mudanya enak dimakan sebagai lalap, seperti dilakukan oleh penduduk Sukabumi Selatan.

Oncidium. Anggrek ini termasuk pendatang dari Amerika. Sudah banyak jenis-jenisnya yang dibudidayakan di Indonesia, seperti Oncidium flexuosum, O. Ianceanum, O. papilio, O. spacelulum dan O. splendidum. Bunganya yang kecil-kecil dan berwarna inan kuning sangat indah, sehingga kadang kala akan sebagai hiasan di sanggul, di samping bunga potong. Ciri khas anggrek ini terletak pada bibirnya yang berukuran relatif besar dan terbuka. Anggrek ini sangat indah; bentuk bunganya memberikan kesan sebagai gadis Spanyol bergaun lebar yang sedang menari.

Vanda adalah nama suatu marga yang sekelompok dengan Vanda tricolor. Batangnya tegak, monopodial, dan tidak berumbi semu. Vanda hidup sebagai epifit atau tumbuh di tanah. Daun-daunnya berhadapan membentuk dua deret, berbentuk sabuk atau berbentuk pensil. Tandan perbungaannya muncul dari ketiak daun dengan menerobos pelepah daun; bunganya indah dan tahan lama sehingga berguna sebagaibunga potong. Marga Vanda terdiri atas sekitar 60 jenis; hampir setengah. Contoh- contohnya yang terkenal adalah Vanda hookeriana, Vanda teres, Vanda celebica.Vanilla termasuk anggrek tanah yang tumbuhnya memanjat. Bijinya dalam dunia perdagangan terkenal dengan nama vanili; vanili sudah lama dikenal sebagai pengharum kue-kue dan penyegar minuman. Vanilla fragrans yang kadang-kadang disebut V. planifolia atau V. mexicana adalah penghasil utama vanili komersial tersebut. Jenis-jenis lainnya kurang dikenal baik untuk industri ataupun tanaman hias. Batang V. griffithii dapat berfungsi sebagai shampo.

Incoming search terms:

  • Anggrek bawang
  • mengenal jenis anggrek
  • angrek bajing
  • klasifikasi oncidium flexuosum
  • anggrek tanah berbunga putih dan wangi
  • anggrek vanda ekor tupai
  • phaiocalanthe anggrek tanah?
  • ciri ciri angrek sebelum berbunga
  • gambar bunga anggrek bawang
  • jenis anggrek ekor tupai

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Anggrek bawang
  • mengenal jenis anggrek
  • angrek bajing
  • klasifikasi oncidium flexuosum
  • anggrek tanah berbunga putih dan wangi
  • anggrek vanda ekor tupai
  • phaiocalanthe anggrek tanah?
  • ciri ciri angrek sebelum berbunga
  • gambar bunga anggrek bawang
  • jenis anggrek ekor tupai