Advertisement

Penulis terkemuka Amerika Serikat yang menerima Hadiah Nobel untuk kesusastraan (1962). Beberapa novelnya sering dipentaskan atau difilmkan. Ia lahir di Salinas, Kalifornia. Kuliahnya di Universitas Stanford tidak diselesaikannya. Sebelum berhasil sebagai penulis, ia bekerja sebagai buruh kasar. Pengalaman itu memungkinkannya menulis secara tepat tentang keadaan dan perjuangan orang kalangan bawah.

Buku pertamanya yang mendapat perhatian para kritikus adalah Tortilla Flat (1935), sedangkan yang membuat namanya terkenal adalah Of Mice and Men (1937). The Grapes of Wrath mendapat Hadiah Buku Nasional dan Hadiah Pulitzer tahun 1940. Novel ini bercerita tentang depresi tahun 1930-an yang menyebabkan migrasi petani Oklahoma ke Kalifornia dan perjuangan mereka di tengah lingkungan yang memusuhi mereka. Selain menggambarkan krisis ekonomi, buku ini juga mengisahkan usaha segelintir manusia untuk men-cari martabat dirinya.

Advertisement

Semasa berkecamuknya Perang Dunia II, Stein-beck bekerja sebagai wartawan perang dan menulis beberapa buku anti-Nazi seperti The Moon is Down (1942). Buku ini mengisahkan kegagahberanian pasukan perlawanan di daerah yang diduduki Jerman dan sangat populer di Eropa.

Karyanya setelah Perang Dunia II yang terkenal adalah East of Eden (1952), sebuah kisah tentang seorang pemuda yang haus “akan kasih sayang dan pengertian. Buku ini kemudian difilmkan dengan pemeran utama James Dean, bintang idola pada tahun 1950-an. Ia juga menulis karya nonfiksi, antara lain Bombs Away (1942) dan The Sea of Cortez (1941), bersama ahli biologi laut, Edward F. Ricketts.

Advertisement