Advertisement

Pendeta dan pengarang Inggris terkemuka yang menulis banyak karya satir. Didorong rasa prihatin melihat kebodohan masyarakat di sekelilingnya, ia berupaya menyadarkan mereka lewat sindiran dalam karya sastranya. Bukunya yang terkenal dan merupakan karya besar kesusastraan adalah Gulliver s Travels (1726). Lewat buku ini ia mampu membawa pembaca ke dunia fantasi melalui makhluk-makhluk kerdil yang bertingkah menggelikan.

Esai Swift yang terkenal adalah A Modest Proposal (1729). Melalui esai ini, ia mendesak agar seluruh’bayi Irlandia dibunuh dan disantap agar terhindar dari kemiskinan yang kelak mereka derita di bawah peme-rintahan Inggris. Ia berharap, usulan “gila” ini akan menimbulkan kemarahan rakyat Irlandia sehingga mereka bangkit untuk memperbaiki nasibnya.

Advertisement

Swift lahir di Dublin, Irlandia. Begitu lulus dari Trinity College (1689), ia bekerja sebagai sekretaris Sir William Temple sampai 1699. Ia diangkat menjadi pembantu gereja pada 1694. Setelah Sir William Temple meninggal, ia menjadi pendeta di Laracor, Irlandia. Pada 1710 ia terjun ke kancah politik dan merupakan pendukung kuat pemerintahan Partai Tory. Ratu Anne lalu mengangkatnya sebagai kepala pendeta Katedral St. Patrick di Dublin (1713). Sepeninggal Ratu Anne (1714), Partai Whig mengambil alih kekuasaan dan Swift kehilangan aktivitasnya di bidang politik.

Incoming search terms:

  • arti karya jonathan swift
  • arti 1667

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti karya jonathan swift
  • arti 1667