Advertisement

Tokoh Partai Kristen Demokrat yang terpilih menjadi Presiden El Salvador tanggal 1 Juni 1984. Sebelumnya, ia pernah menjabat presiden junta militer yang berkuasa dari tahun 1980 sampai 1982. Sebagai presiden, Duarte berusaha meningkatkan ekonomi negaranya. Usaha itu antara lain ditempuh dengan membagi tanah kepada keluarga miskin. Tetapi usaha ini dihambat oleh kaum gerilyawan kiri.

Duarte dilahirkan di San Salvador. Ia bersekolah di Amerika Serikat dan lulus dari Universitas Notre Dame, Indiana, pada umur 22 tahun. Tahun 1960, ia ikut mendirikan Partai Kristen Demokrat di El Salvador. Ia menjabat wali kota San Salvador tahun 1964 sampai 1970. Sebagai wali kota, ia menggerakkan kelompok rukun tetangga untuk mendirikan atau memperbaiki fasilitas pendidikan, kesehatan, dan rekreasi. Tahun 1972, ia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden. Walaupun dalam hitungan pendahuluan ia mendapat suara terbanyak, pemerintah yang berkuasa waktu itu mengubah hasil pemilihan untuk memenangkan calonnya sendiri. Duarte kecewa dan berusaha menggulingkan pemerintahan. Usaha ini gagal, dan Duarte dibuang ke tempat pengasingan di Venezuela.

Advertisement

Duarte kembali ke El Salvador tahun 1979, setelah pihak militer mengambil alih kekuasaan di negeri itu. Tahun 1983, sistem konstitusi baru disahkan; dan tahun 1984, pemilihan umum diadakan; peristiwa ini membawanya ke kursi kepresidenan.

Advertisement