Advertisement

MENGENAL JOSEPH LISTER, (1827-1912) – Ahli bedah Inggris perintis penggunaan zat antiseptik untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam luka bedah. Prinsipnya bahwa bakteri tidak pernah boleh masuk ke da­lam luka bedah tetap me­rupakan dasar pencegahan yang dianut hingga kini. Atas jasanya ia antara lain dinobatkan sebagai bang­sawan pada tahun 1897. Lister dilahirkan seba­gai anak kedua. Ayahnya pedagang anggur sekaligus dokter dan ahli mikroskop amatiran. Sang ayah berjasa dalam pene­muan mikroskop akromatik (tak mengubah warna) modern dan karena itu diangkat menjadi anggota Ro­yal Society. Dalam pendidikan, Lister diarahkan oleh ayahnya untuk mencintai ilmu pengetahuan alam dan penggunaan mikroskop JMenjelang usia 16 tahun Lis­ter semakin tertarik,pada anatomi komparatif dan memuluskan untuk uienempun karier sebagai ahli be­dah.

Lister menunjukkan prestasi cemerlang, sehingga ia diminta untuk berpraktik sebagai ahli bedah di ko- lese dan rumah sakit milik kerajaan. Selain itu ia ber­untung mendapat kesempatan menjadi asisten James Syme, ahli bedah paling terkemuka saat itu.

Advertisement

Ketika ditunjuk menjadi ahli bedah pada rumah sa­kit Glasgow Royal Infirmary (1861) Lister dihadap­kan pada masalah besar bagi bidang pembedahan, yakni angka kematian 45 hingga 50 persen dari pasien bedah akibat adanya “kuman rumah sakit”. Setelah berkali-kali gagal akhirnya ia sampai pada kesim­pulan bahwa masuknya kuman penyakit ke dalam luka bedah dapat dicegah asalkan segala hal yang ber­hubungan dengan pembedahan dibuat steril. Untuk mensterilkan ruangan serta semua alat bedah, dan ju­ga tangan ahli bedah, Lister menemukan antiseptik yang ideal, yakni karbol atau asam karbolat. Dengan menggunakan antiseptik temuan Lister itu terlihat pe­nurunan angka kematian menjadi 15 persen.

Walaupun menjadi terkenal Lister tetap arif. Ia le­bih suka menerima para mahasiswa dari mana pun yang ingin berbincang-bincang dengannya. Beberapa tahun sebelum meninggal Lister mengalami kebutaan dan ketulian yang nyaris total.

Incoming search terms:

  • arti lister

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti lister