Advertisement

MENGENAL JUSTINIANUS I (483-565) – Kaisar Bizantium (527- 565) terbesar yang bernama lengkap Flavius Justinia- nus. Ia terkenal sebagai kaisar yang melakukan per­baikan bidang administrasi pemerintahan dan pe­nyusunan perangkat hukum yang terkenal dengan Codex Justinianus (534).

Justinianus I dikenal sebagai “kaisar yang tak per­nah tidur”, karena semangat dan ketekunannya da­lam menjalankan pemerintahan. Ia berkeinginan me­nyudahi permusuhan lama antara Bizantium dan Per­sia, menyatukan kembali semua wilayah propinsi yang jatuh ke tangan bangsa-bangsa barbar, dan menun­dukkan bangsa Vandal di Afrika Utara serta bangsa Osthrogoth di Italia yang kerap menghukum mati penganut Katolik. Pada tahun 532 ia menitahkan pem­bangunan gereja Hagia Sophia di Konstantinopel yang selesai pada tahun 537. Gereja megah ini kemudian dijadikan mesjid ketika Konstantinopel jatuh ke ta­ngan Turki pada tahun 1453. Kebijaksanaan dalam negerinya yang terkenal adalah penyusunan Codex Justinianus.

Advertisement

Perangkat hukum itu tidak memberikan sesuatu yang baru, melainkan merupakan kumpulan hukum dan penjabarannya secara resmi. Penyusunannya mengacu pada berbagai kitab hukum yang sudah ada dan penjabarannya oleh para hakim agung Romawi. Bagian lain dalam perangkat hukum ini mencakup­kan juga beberapa hukum baru yang disusun oleh Justinianus sendiri. Codex Justinianus ini terdiri atas empat buku: Codex Constitutionum, Digesta.

Incoming search terms:

  • codex justinianus
  • justianus adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • codex justinianus
  • justianus adalah