Advertisement

Terletak di Propinsi Sulawesi Selatan. Ibu kotanya Makale. Wilayah kabupaten ini di utara berbatasan dengan Kabupaten Mamuju, di timur dengan Kabupaten Luwu, di selatan dengan Kabupaten Enrekang dan Pinrang, dan di barat dengan Kabupaten Pinrang dan Polewali Mamasa. Luas wilayahnya 3.205,79 kilometer persegi, terbagi menjadi 9 kecamatan, 63 desa, dan 20 kelurahan.

Kabupaten Tana Toraja terkenal sebagai salah satu “cagar” budaya, Sebab daerah ini masih memiliki kekayaan budaya yang unik dan penduduk menjunjung tinggi adat istiadat setempat. Di wilayah ini masih banyak terdapat perkampungan tradisional dan kuburan yang terletak di liang tebing karang. Rumah adat Toraja bentuknya unik dengan atap berbentuk perahu dan dinding penuh dengan ukiran khas Toraja. (Lebih lanjut lihat TORAJA. ARSITEKTUR). Keunikan lain di Toraja ini adalah upacara adat kematiannya yang berlangsung sampai berhari-hari dan membutuhkan banyak biaya. Sebagian jenazah dimakamkan di kuburan keluarga yang berupa gua-gua di lereng bukit terjal. Liang kuburan ini disebut Tongkonan Tang- merambu (rumah tak berasap).

Advertisement

Keadaan Alam. Kabupaten ini terletak pada 300- 2.884 meter di atas permukaan air laut. Secara fisio- grafi Tana Toraja berada di wilayah lipatan tersier, dengan bentuk pegunungan sangat khas, yakni berujung runcing. Jenis tanahnya tanah alluvial, latosol dan podsolik, dengan iklim tropis basah dan curah hujan 2.000- 3.000 milimeter.

Advertisement