Advertisement

MENGENAL KELLER, HELEN ADAMS (1880-1968) – Dikagumi karena mampu berprestasi seperti layaknya manusia normal. Ia buta dan tuli sejak usia 19 bulan karena penyakit yang dideritanya. Ketubannya membuatnya juga bisu. Keller kemudian menjadi wanita penulis dan tokoh pendidikan yang terkenal.

Keller lahir di Tuscumbia, Alabama, Amerika Se­rikat. Pada usia enam tahun, setelah ia menjadi buta, tuli, dan bisu sejak usia 19 bulan, orang tuanya me­minta saran kepada Alexander Graham Bell (terkenal sebagi penemu pesawat telepon dan pendidik para tunari-igu) tentang pengajaran yang sesuai bagi Kel­ler. Hasilnya, pendidikan Keller ditangani secara khu- sllS oleh Anne Mansfield Sullivan. Sullivan sendiri ketika itu berusia 20 tahun dan pernah mengalami ke­butaan.

Advertisement

Dengan Sullivan sebagai pendampingnya, Keller mengikuti pendidikan di Cambridge School (1896- 1900) kemudian di Radcliffe College (1900-1904) dan lulus cum laude. Setelah itu ia membaktikan selu­ruh hidupnya dalam pendidikan para tunarungu dan tunanetra. Ia pun selalu menekankan bahwa keberha- silann a sangat ditentukan oleh kemauan keras. Kel­ler berkeliling dunia dalam rangka mengamati sistem pendidikan para tunarungu dan tunanetra. Ia juga me­nulis banyak buku, antara lain The Story of My Life (1902) dan Helen Keller’s Journal (1938). Penga­lamannya mengatasi penderitaannya bersama Sulli­van dipentaskan dengan judul The Miracle Worker (1959). Naskah pentas ini memenangkan hadiah Pu­litzer pada tahun 1960, kemudian difilmkan.

Advertisement