Advertisement

MENGENAL KERAJAAN KALINGGA – Diperkirakan terletak di Jawa Tengah. Menurut para arkeolog, kerajaan ini di­namakan juga Ho-Ling. Nama ini sering disebut-se­but dalam berita Cina, khususnya pada masa Dinasti T’ang (618-906). Dalam berita itu disebutkan bahwa sejak tahun 674 rakyat Ho-Ling memilih seorang pu­tri sebagai raja dengan gelar Si-Mo (Sima).

Raja Si-Mo termasyhur sebagai raja yang adil da­lam memerintah, tetapi juga sangat keras. Seorang ra ja dari Ta-Che ingin menguji kebenaran berita ini. Pa­da suatu hari disuruhnya orang meletakkan sekantung emas di tengah jalan. Tiga tahun lamanya kantung emas itu tidak disentuh orang, karena tidak ada yang berani. Pada suatu hari putra mahkota raja dengan ti­dak sengaja telah menyentuh kantung emas itu dengan ujung kakinya. Mendengar hal ini raja Si-Mo amat marah dan segera memerintahkan agar putra mahkota itu dihukum mati. Tetapi perintah raja ini dapat diu­bah berkat saran dan pertimbangan para sahabat raja. Akhirnya kaki putra mahkota saja yang dipotong.

Advertisement

Selain itu, T’ang juga memberitakan kehidupan rakyat Ho-Ling. Di antaranya dikatakan bahwa kota Ho-Ling teratur rapi dan diberi pagar kayu. Rumah- rumah di Ho-Ling, termasuk istana raja, ditutup de­ngan atap. Rakyat sudah mengenal tulisan dan tahu pula akan ilmu hitung. Berita Cina yang lain datang dari I’tsing, yang pada tahun 664/665 menyebutkan bahwa rakyat Ho-Ling sudah menganut agama Budha dengan seorang pendetanya yang terkenal, Joh-na- poh-to-lo (Juanabhadra). Hingga saat ini belum dite­mukan keterangan yang tepat dan jelas mengenai waktu dan tempat berdirinya Kerajaan Kalingga ini.

Advertisement