Advertisement

Kota terbesar dan ibu kota Senegal. Kota ini terletak di ujung barat benua Afrika. Dakar menjadi pelabuhan laut terpenting bagi Senegal; juga pusat industri dan transportasi utama. Pelabuhan Dakar merupakan jalur perdagangan dan pemberhentian bagi lalu lintas pelayaran laut.

Perekonomian penduduk kota ini ditunjang oleh industri pengawetan makanan, percetakan, dan pariwisata; juga pembuatan semen, rokok, sepatu, sabun, dan tekstil. Dakar memiliki sebuah bandara internasional dan sebuah universitas, Universitas Dakar. Di kota ini, berdiri berbagai gedung bercorak modern maupun bercorak arsitektur Perancis. Tetapi, banyak juga pemukiman kumuh.

Advertisement

Perkembangan Dakar dimulai tahun 1857, ketika Perancis membangun sebuah benteng di suatu daerah pemukiman. Daerah pemukiman tersebut kemudian menjadi ibu kota negara jajahan Perancis di Afrika Barat. Tahun 1960, Senegal menjadi negara merdeka. Sejak itu, banyak penduduk pedesaan pindah ke Dakar. Kini, Dakar menghadapi masalah perumahan dan pengangguran.

Incoming search terms:

  • kota dakar
  • pelayaran laut dakkar

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kota dakar
  • pelayaran laut dakkar