Advertisement

Ibu kota sekaligus kota terbesar Republik Irlandia. Kota itu terletak di pantai timur Irlandia, di muara Sungai Liffey. Dublin merupakan pusat ekonomi, politik, dan kebudayaan Irlandia. Dengan luas 922 kilometer persegi, Dublin dihuni oleh kira-kira 550 ribu jiwa (1986).

Kota Dublin memiliki pemandangan alam yang menarik. Di sebelah timur kota ini terdapat Teluk Dublin dan di selatannya Pegunungan Dublin. Di barat dan utaranya membentang suatu dataran. Salah satu jalan terlebar di Eropa terdapat di sana, bernama O’Cornell Street. Lebarnya sekitar 46 meter. Di tengahnya ditempatkan patung-patung tokoh Irlandia yang terkenal. Bangunan-bangunan tua di Dublin umumnya didirikan dalam abad ke-18. Banyak apartemen besar dan gedung-gedung perkantoran mulai dibangun pada awal abad ke-20.

Advertisement

Perekonomian. Lebih dari separo perdagangan luar negeri Irlandia dilakukan di Pelabuhan Dublin. Sementara itu sekitar 30 persen industri Irlandia berada di Dublin. Hasil utamanya meliputi bahan-bahan kimia, bir hitam {stout), kertas, logam, makanan, mesin, pakaian jadi, peralatan angkutan, peralatan rumah tangga, tekstil, tembakau, dan wiski. Yang juga cukup menunjang perekonomian di kota itu adalah bahan bangunan, perdagangan besar dan kecil, pariwisata, serta industri jasa lainnya.

Incoming search terms:

  • Definisi kota dublin irlandia

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Definisi kota dublin irlandia