Advertisement

MENGENAL KOTA KABUL – Ibu kota dan kota terbesar di Afganistan di Propinsi KabM. Kota itu juga pusat kebudayaan dan ekonomi Afganistan. Letaknya di kedua tepi Sungai Kabul, antara Lembah Chahardeh dan Koh Daman dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Jumlah penduduknya 1.036.407 jiwa (1982), se­bagian besar terdiri atas suku bangsa Persia, Pashtun, Uzbek, Sikh, dan buruh-buruh Hazara.

Kota Kabul terbagi atas kota lama dan kota baru. Namun sebagian besar bangunan kuno di kota lama telah digantikan dengan bangunan modern. Monumen bersejarah terdapat di banyak tempat di seluruh kota, di antaranya Taman Babur berikut makamnya. Ge­dung parlemen dan departemen dibangun di seputar istana Dar ol-Aman. Industrinya meliputi perleng­kapan, militer, pengolahan makanan, barang-barang kulit, pemintalan rayon dan wol, perkakas rumah tangga, serta pabrik pengecoran logam dan marmer. Untuk kepentingan pendidikan tinggi dibangun Universitas Kabul tahun 1931.

Advertisement

Sejarah.

Kota Kabul telah berusia sekitar 3.000 ta­hun. Sebelum agama Islam masuk, Kabul berganti- ganti dikuasai oleh beberapa dinasti lokal, kemudian direbut oleh bangsa Mongolia, dan terakhir oleh pasu­kan Timur Lenk. Kaisar B abui, yang menguasai seba­gian besar wilayah India, menjadikan Kabul ibu kota karena keindahan alamnya. Sejak tahun 1738, Kabul jatuh ke tangan bangsa Mogul dari India. Sekitar ta­hun 1775, Timur Shah memindahkan ibu kota kerajaan dari Kandahar ke Kabul. Karena letaknya di antara wilayah Rusia dan jajahan Kerajaan Inggris, wilayah Kabul memiliki nilai strategis dan politik yang tinggi. Itu sebabnya-tentara Inggris dari India ditempatkan di wilayah tersebut pada tahun 1839-1842 dan tahun 1879-1880.

Incoming search terms:

  • kota kabul
  • arti hazara
  • sejarah kota kabul

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kota kabul
  • arti hazara
  • sejarah kota kabul