Advertisement

MENGENAL LANTIAN – Suatu situs tempat ditemukannya fosil manusia purba, yang meliputi desa Chenjiawo dan Gongwangling, Kabupaten Lantian, Propinsi Shanxi, Cina.

Temuan didapat sejak 1963-1964 berupa atap teng­korak, rahang bawah, gigi, tulang muka, dan beberapa tulang lain manusia yang termasuk jenis Pithecan­thropus erectus. Ciri fisiknya menunjukkan bahwa manusianya masih primitif dan arkaik; rahangnya ke­kar kuat, dengan adanya pengurangan jumlah gigi, dan absennya geraham ketiga. Isi tengkorak 778 cc, dan ternyata milik seorang perempuan berumur seki­tar 30 tahun, sedangkan tulang-tulang di bawah teng­korak menyamai manusia modern.

Advertisement

Temuan sertanya adalah hewan seperti monyet rak­sasa, panda raksasa, macan bertaring pedang, bison, kuda, babi, rusa, gajah dan menjangan sika. Artefak yang ditemukan berupa kapak perimbas dan kuarsa proto-muka-rangkap. Kepurbaannya dari awal kala Pleistosen Tengah, yang pasti lebih dari 800.000 ta­hun sebelum sekarang, berdasarkan fauna dan paleomagnetisma, dan lebih tua dari Pithecanthropus pekinensis.

Incoming search terms:

  • manusia lantian

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • manusia lantian