Advertisement

MENGENAL LAOZI – Atau Lao-tzu, tokoh yang diyakini melahirkan filsafat Cina Taoisme melalui buku karyanya yang sangat terkenal Tao-te Ching. Oleh penganut Konfusianisme ia dihormati sebagai filsuf besar dan oleh kebanyakan orang biasa ia dianggap orang suci setengah dewa, sedangkan selama kekuasaan Dinasti T’ang (618-907) ia disembah sebagai leluhur para penguasa dinasti tersebut. Pengaruhnya marak pada sekitar abad ke-6 sebelum Masehi di Cina.

Sumber utama tentang latar belakang kehidupan filsuf ini adalah biografi yang termuat dalam Shih-chi karya Ssu-ma Ch’ien. Namun kitab rekaman sejarah yang disusun sejak 100 tahun sebelum Masehi ini miskin akan keterangan yang pasti menyangkut Laozi.

Advertisement

Menurut kitab tersebut Laozi dilahirkan di desa Ch’ii-jen, bagian timur Propinsi Honan sekarang. Ia diangkat dan berperan sebagai shih (sarjana yang khu­sus membidangi masalah astrologi dan peramalan ser­ta penyusunan buku-buku suci) dalam kerajaan Dinasti Chou (1111-255 SM). Ketika merasakan akan datangnya kemunduran atas Dinasti Chou ia me­ngembara ke arah barat. Ketika akan melalui pintu gerbang negara Ch’in ia bertemu dengan Yin Hsi, penjaga gerbang. Oleh penjaga ini ia diminta untuk menulis buku. Ia mengabulkan permintaan ini dengan menulis sebuah buku yang terdiri atas 2 bab dan 5 ribu huruf. Dalam bab pertama Laozi memaparkan gagasannya tentang Tao (Jalan atau Prinsip Keutama­an), sedangkan dalam bab kedua ia memaparkan nilai te (kemuliaan yang terkandung dalam Tao). Buku ini-, lah yang kemudian dikenal dengan Tao-te Ching. Para penganut Taoisme percaya bahwa Laozi hidup se­lama dua ratus tahun atau lebih.

Buku karyanya itu diyakini turut berperan dalam pengembangan agama Budha. Namun banyak ahli masa kini yang meragukan bahwa buku tersebut ditu­lis oleh hanya satu orang.

Incoming search terms:

  • pengertian lao zi (chi)

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian lao zi (chi)