Advertisement

LE CORBUSIER, (1887-1965)
nama samaran Charles Edouard Jeaneret-Gris, arsitek Perancis yang dianggap sebagai pencetus arsitektur modern. Pada masa jayanya ia sangat dikenal sebagai perancang tata kota yang berhasil. Konsep-konsep dasar arsitekturnya yang diterapkan hampir di seluruh dunia meliputi prinsip bangunan geometrik, penggunaan bahan bangunan, dan metode konstruksi.
Arsitek kelahiran La Chaux-deFonds, Swis. ini inenjadi warga negara Perancis sejak tahun 1930. Sebelum memulai kariernya sebagai arsitek, ia berguru kepada Auguste Perret di Paris (1908-1909) dan Peter Behrens di Berlin (1910). Untuk memperdalam ilmunya, ia pernah pula melakukan penelitian tentang seni di Balkan dan Italia. Ia juga dikenal sebagai pelukis. Bersama-sama dengan pelukis lain yang sealiran, ia menerbitkan majalah L ‘Esprit Nouveau, yang membahas masalah arsitektur, seni lukis, dan desain tradisional.

Pada mulanya ia dikenal dengan karya-karyanya yang menonjolkan bentuk-bentuk geometrik. Pada perkembangan lebih lanjut ia menerapkan bentuk- bentuk kubis dan konstruksi-konstruksi bangunan yang kemudian dikenal sebagai Gaya Arsitektur Internasional. Bangunan yang diciptakannya didirikan di berbagai kota di Perancis, bahkan di negara-negara lain, misalnya di Moskwa, Rio de Janeiro, dan Barcelona.

Advertisement

Dalam bidang perencanaan kota yang kemudian digelutinya, ia dikenal dengan ciri-cirinya yang sangat memperhatikan bentuk bangunan dengan keadaan sosial masyarakat yang menempatinya. Pandangannya mengenai perencanaan kota dituangkannya dalam buku Radiant City (1935). Karya perencanaan kotanya yang sangat terkenal, antara lain, desain bangunan pemerintah di kota Chandigarh, India.

Incoming search terms:

  • le corbusier dan karyanya
  • tata kota ala le corbusier

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • le corbusier dan karyanya
  • tata kota ala le corbusier