Advertisement

MENGENAL LIN BIAO (1907-1971) – Dulu ditulis Li h Piao, ko­mandan Tentara Merah Cina yang berperan sangat penting dalam upaya kaum komunis merebut kekua­saan di Cina. Ia menjadi tokoh besar komunisme Cina dan menduduki berbagai jabatan penting dalam pe­merintahan maupun partai. Ia diduga berniat meng­gulingkan Mao Zedong.

Ketika duduk di sekolah menengah Lin Biao terke­san oleh kegalauan masalah sosial dan kebudayaan yang terjadi di negaranya. Ia lalu semakin tertarik pu­la pada ajaran sosialisme dan komunisme. Pada tahun 1925, setelah menamatkan sekolah menengahnya, ia menjadi anggota Liga Pemuda Sosialis. Di tahun itu pula ia meneruskan pendidikannya di Akademi Whampoa (Kanton). Di akademi yang dipimpin oleh Chiang Kai-shek itu Lin Biao mengawali karier militernya. Ketika itu di Cina terjadi penindasan rak­yat baik oleh para pemimpin militer pemerintah mau­pun oleh penjajah. Dalam akademi di Kanton itu Chiang Kai-shek melatih calon prajurit baik yang ber­asal dari kalangan Nasionalis maupun Komunis.

Advertisement

Ketika pada tahun 1927 Chiang Kai-shek berbalik menyerang pasukan Komunis, Lin Biao bergabung dengan pasukan Mao Zedong. Pada usia 28 tahun Lin Biao menjadi tokoh nomor tiga dalam Tentara Merah.

Ketika Komunis berkuasa di Cina, Lin Biao terpilih sebagai satu dari 13 anggota Komite Sentral Politbiro (1955). Ia lalu duduk dalam keanggotaan Panitia Ker­ja Politbiro yang hanya terdiri atas tujuh orang (1958). Posisi Lin Biao yang semakin kokoh mampu menan­dingi posisi Liu Shaoqi, yang selama 20 tahun menja­di tangan kanan Mao. Namun kewenangan Lin Biao dinilai telah melewati batas kewenangan yang diha­rapkan oleh Mao. Perkembangan selanjutnya mem­buat Lin Biao dan beberapa tokoh militer penting lain cemas bahwa suatu saat mereka akan didepak oleh Mao, maka Lin Biao merencanakan kudeta terhadap Mao, namun gagal (1971). Pada tahun 1971 itu juga ia diberitakan tewas dalam kecelakaan pesawat udara.

Advertisement