Advertisement

suatu bentuk hiasan jari. Umumnya cincin terbuat dari logam, antara lain emas, perak, dan platina, tetapi dapat pula dibuat dari bahan lain, seperti tulang, tanduk, batu, tempurung kelapa, kulit biji kenari, dan plastik.
Indonesia sudah mengenal budaya cincin kira-kira sejak abad ke-8. Sebagai perhiasan, biasanya cincin dikenakan di jari tangan, namun ada pula yang memakainya di jari kaki. Cincin dapat pula berfungsi sebagai benda perlambang: lambang kekuasaan, kesetiaan dan keutuhan suatu perkawinan atau persahabatan.
Cincin kawin sudah dikenal sejak jaman Romawi Kuno. Dulu cincin kawin terbuat dari besi. Di Indonesia budaya cincin kawin sebagai lambang ikatan perkawinan baru dikenal setelah datangnya peradaban Barat yang dibawa oleh penjajah Portugis dan Belanda.
Cincin stempel memiliki semacam cap lambang pada bagian mukanya. Cap lambang itu dulu digunakan raja untuk membubuhkan tanda resmi pada surat resmi atau lak penutup surat. Kini, cincin stempel biasanya hanya diukir dengan inisial nama, tanpa fungsi khusus kecuali sebagai hiasan.
Cincin batu mulia, atau cincin akik, sering dikaitkan dengan keberuntungan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Yang dianggap bertuah adalah batu mulia atau akik yang terpasang pada cincin itu. Jadi cincinnya hanya berguna sebagai pengikat batu atau akiknya. Ada cincin yang diberi ukiran potongan ayat suci Al Quran.
Fungsi lain. Beberapa organisasi mengedarkan cincin khusus bagi para anggotanya sebagai tanda ikatan resmi organisasi, sekaligus untuk mempererat hubungan antaranggota. Cincin organisasi ini juga dikenal di kalangan perguruan tinggi, sebagai tanda ika[tan alumni. Pada jaman Mesir Kuno, konon cincin juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan racun untuk meracuni musuh.

Incoming search terms:

  • arti perak cl
  • arti cl pada ikat cincin batu akik
  • pengertian perak cl

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti perak cl
  • arti cl pada ikat cincin batu akik
  • pengertian perak cl