Advertisement

MENGENAL MARTIN LUTHER KING, Jr. (1929-1968) – Seorang negro warga negara Amerika Serikat yang terkenal akan perjuangannya menentang rasialisme. Berkat perjuangannya, ia memperoleh Hadiah Nobel Perda­maian pada tahun 1964.

Martin Luther King, Jr. lahir di Atlanta, Amerika Serikat. Ayahnya pendeta Gereja Baptis. King me­nempuh pendidikan di Kolese Morehouse dan Universitas Boston. Pada tahun 1954 ia menjadi pendeta pada sebuah ge­reja di Montgomery, Ala­bama. Sejak saat itu ia mulai aktif terlibat dalam perjuangan melawan atu­ran penggunaan bus-bus angkutan umum yang le­bih mengutamakan penumpang kulit putih. Hasilnya adalah keputusan pengadilan negeri bahwa jasa ang­kutan bus umum terbuka bagi seluruh warga Alabama tanpa membedakan warna kulit.

Advertisement

Pada tahun 1960 King menanggalkan kependetaannya untuk mengabdikan diri sepenuhnya bagi per­juangan hak-hak kewarganegaraan. Ia berulang kali dipenjarakan oleh polisi Alabama. Semasa pemerin­tahan J.F. Kennedy, perjuangannya mendapat perha­tian besar dari pemerintah pusat. Pada tahun itu juga disetujui rancangan undang-undang untuk menata kembali kewarganegaraan oleh pemerintah pusat.

Martin Luther King, Jr. sangat dipengaruhi oleh pe­mikiran Mahatma Gandhi. Perjuangan King sendiri mempunyai arti sangat besar bagi warga Amerika Se­rikat secara umum. Ironisnya, ia justru mendapat te­kanan baik dari warga kulit putih maupun kulit hitam sendiri. Pada tahun 1968 King terbunuh. Hingga kini belum diketahui siapa pembunuhnya.

Beberapa tulisannya: Stride towards Freedom (1958), Why We Can’t Wait (1964), dan Where Do We Go from Here: Chaos or Community? (1967).

Incoming search terms:

  • arti text martin luther king
  • makalah martin luther king
  • pengertian Dr martin lther king jr

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti text martin luther king
  • makalah martin luther king
  • pengertian Dr martin lther king jr