Advertisement

Negara di ujung utara Amerika Latin, tepat di selatan Amerika Serikat. Untuk seluruh wilayah Amerika Latin, negara ini merupakan yang ketiga terbesar setelah Brasil (8.511.965 kilometer persegi) dan Argentina (2.780.092 kilometer persegi). Ibu kotanya, Mexico City, merupakan kota terbesar di dunia, dilihat dari jumlah penduduk.

Negara ini berbatasan dengan Amerika Serikat di utara, Belize dan Guatemala di tenggara, Teluk Meksiko dan Laut Karibia di timur, Samudera Pasifik di selatan dan di barat.

Advertisement

Luas negara ini seharusnya hampir dua kali lipat wilayahnya sekarang, tetapi dalam Perang Meksiko (1846-1848), Amerika Serikat merebut wilayah seluas 1.360.000 kilometer persegi. Wilayah ini kini menjadi negara bagian Kalifornia, Utah, Nevada, Arizona, dan bagian dari empat negara bagian yang lain.

Sejarah. Bukti arkeologis yang paling tua menunjukkan bahwa manusia pertama menghuni Meksiko tahun 21000 SM. Mereka hidup dari berburu dan meramu hasil hutan. Pada tahun 1500 SM mulai berkembang daerah pedesaan di lembah-lembah Meksiko. Kebudayaan Indian baru berkembang pada tahun 250-900 M. Selanjutnya Kerajaan Toltec berdiri, setelah terjadi banyak peperangan antarsuku, dan beribu kota di Tuta (sekarang Mexico City). Bangsa Toltec merebut Jasirah Yucatan dan membangun kembali Chichen Itza, sebuah pusat keagamaan suku Maya. Bangsa Aztec kemudian mendirikan kerajaan Indian yang terbesar dan terakhir, setelah mengalahkan orang Toltec. Kerajaan ini mencapai puncak kejaya mnya tahun 1200-an.

Diego de Velazquez de Cuellar, yang menaklukkan Kuba untuk Spanyol, menyiapkan strategi dasar penaklukan Spanyol. Hernandez de Cordoba disuruh menjelajahi pantai Yucatan, sedangkan Hernando Cortes, Mexico. Dalam perang 1519 1521, Cortes menaklukkan orang Aztec, dan merebut ibu kotanya, Tenochtitlan, tahun 1521. Ia kemudian mendirikan kota Mexico City pada situs Tenochtitlan. Tahun 1526, Francisco de Montejo menaklukkan sisa orang Indian sehingga pada tahun 1540, seluruh Meksiko Utara sudah ditaklukkan.

Seluruh kekuasaan dipegang oleh orang Spanyol kelahiran Spanyol. Keturunan Spanyol yang lahir di Meksiko (Creole) tidak diberi kesempatan. Kelompok Mestizo, orang negro dan Indian tetap dibiarkan bodoh dan miskin. Pada tahun 1800, kelompok Creole siap untuk merebut kekuasaan. Perang revolusi Amerika dan revolusi Perancis memberikan ilham pada mereka.

Pada 15 September 1810, seorang imam Kreol, Miguel Hidalgo Costilla, memimpim perang kemerdekaan Meksiko. Revolusi terus berkembang ke wilayah-wilayah lain, dan Hidalgo berhasil menguasai banyak wilayah. Tetapi tentara Spanyol menangkap ^n membunuhnya tahun 1811. Perjuangannya dilanjutkan oleh Jose Maria Morelos Pavon, seorang imam lainnya, tetapi dapat digagalkan tentara Spanyol. Pada tahun 1820 terjadi revolusi liberal di Spam ol. Raja Ferdinand terpaksa menerima undang-undang yang membatasi kekuasaannya. Perkembangan politik terus berlangsung dan Meksiko merdeka pada akhir 1821.

Karena kelompok-kelompok di Meksiko hanya bersatu untuk mengusir Spanyol, setelah merdeka terjadi perpecahan di antara mereka. Negeri ini menjadi republik federal pada tahun 1824. Pada tahun 1836 Texas melepaskan diri dari Meksiko. Pada tahun 1845, Amerika Serikat, di bawah Presiden Polk, berusaha membeli sebagian wilayah Meksiko. Permintaan itu ditolak, dengan akibat Amerika Serikat mengumumkan perang kepada Meksiko tahun 1846. Perang ini berakhir tahun 1848 dan dalam Perjanjian Guadalupe (2 Februari 1848) Meksiko kehilangan hampir separuh wilayahnya. Namun perang ini juga merupakan latihan berharga bagi sejumlah jenderal Amerika Serikat seperti Ulysses S. Grant, William T. Sherman, B. McClellan, George Gordon Meade, Robert E. Lee, Thomas “Stonewall” Jackson, dan Jefferson Davis, yang pada saat Perang Budak atau perang saudara, saling bertikai pangkai antara mereka sendiri.

Tahun 1863 tentara Perancis menguasai Mexico City dan Napoleon menunjuk Maximilian menjadi kaisar di Meksiko. Kemudian kekuasaannya jatuh ke tangan Porfirio Diaz yang memerintah secara diktator juga. Negeri ini kembali menjadi negara republik pada tahun 1911.

Dari tahun 1911 hingga berakhirnya Perang Dunia (PD) I, kehidupan politik kurang stabil sehingga pemerintah yang sedang berkuasa selalu jatuh lewat kudeta. Memasuki dasawarsa 1930-an, pemerintahan selalu dikuasai Partido Nacional Revolucionario, yang pada tahun 1938 berganti nama menjadi Partido Revolucionario Mexicano, dan tahun 1946 Partido Revolucionario Institucional.

Sejak berakhirnya PD II, pemerintah mulai menaruh perhatian besar pada sektor perekonomian, dan hal ini didukung oleh sumber minyak buminya. Memasuki dasawarsa tahun 1970-an, Meksiko mulai melakukan eksplorasi minyak besar-besaran untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Tahun 1976, ketika menggantikan Luis Echeverria Alvarez, Presiden Jose Lopez Portillo menggunakan sejumlah besar petrodolar untuk memajukan negaranya. Namun di akhir pemerintahannya harga minyak jatuh dengan akibat banyak proyek tidak dapat diselesaikan, sedangkan utang luar negeri mulai sulit terbayar. Lopez mencoba menjawab kesulitan ini dengan menasionalisasikan semua bank, namun langkah ini tidak cukup membantu. Penggantinya, Miguel de la Madrid Hurtado, menghadapi krisis keuangan yang berkepanjangan sejak tahun 1983. Akhirnya, Meksiko, bersama Brasil, Argentina, Korea Selatan, dan Indonesia, merupakan negara pengutang besar, yang harus menyisihkan lebih dari sepertiga Produksi Domestik Bruto (PDB) untuk pembayaran utang luar negeri.

Pada tahun 1986, terjadi ketegangan antara Meksiko dan AS karena pada 13 Mei 1986, AS secara resmi menuduh Pemerintah Meksiko terlibat dalam penyelundupan obat bius ke AS. Isu mengenai obat bius ini akhirnya merembes hingga ke negara Kolombia dan Panama. Pihak Meksiko dengan tegas menolak tuduhan yang dianggap sewenang-wenang ini.

Incoming search terms:

  • makalah sejarah kemerdekaan mexico dan para pejuangnya
  • sejarah kemerdekaan mexico dan para pejuangnya
  • sejarah negara mexico arti dan mengenal

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • makalah sejarah kemerdekaan mexico dan para pejuangnya
  • sejarah kemerdekaan mexico dan para pejuangnya
  • sejarah negara mexico arti dan mengenal