Advertisement

Salah atu kimiawan dan fisikawan terbesar di abad ke-i: a ber­asal dari Inggris. Berbagai penelitiannya merupakan sumbangan sangat besar dalam bidang elektromag­netisme. Ia antara lain ju­ga membuat dinamo yang pertama, menetapkan hu­kum-hukum dasar elektro­lisis, memperlihatkan bah­wa suatu medan magnet dapat menyebabkan vibra­si cahaya, juga mempela­jari dielektrik (material bu­kan konduksi).

Faraday memulai karier­nya di bidang kimia dalam usia 21, ketika ditunjuk menjadi asisten ahli kimia Sir Humphry Davy. Tulisan-Inggris yang terkenalnya yang pertama adalah buku panduan kimia prak­tis, yang memperlihatkan kecakapannya di bidang ini, Ia menemukan sejumlah senyawa organik baru, di antaranya benzena (1825); juga menjadi kimiawan per­tama yang berhasil mencairkan gas permanen, yakni gas yang dianggap tidak mungkin dicairkan (1823). Keyakinannya akan adanya saling hubungan antara listrik dan magnetisme memungkinkan Faraday men­jelaskan gejala elektromagnetisme yang berhasil di­amatinya. Penemuannya inilah yang justru membuat­nya sangat terkenal.

Advertisement

Michael Faraday lahir di Newington, yang kini men­jadi bagian London selatan. Ayahnya, seorang pan­dai besi, membawa seluruh keluarganya beremigrasi ke Inggris Utara ketika Faraday masih bayi. ibunya adalah wanita yang tenang dan berwibawa. Secara emosional ia sangat membantu Faraday melewatkan masa kecilnya yang sengsara. Faraday hanya meneri­ma pendidikan yang sifatnya dasar saja, seperti mem­baca dan menulis. Di usia 14, ia sudah harus bekerja di sebuah penjilidan buku. Tidak seperti teman seker­janya, Faraday selalu menyempatkan diri membaca berbagai buku yang hendak dijilid kembali pemilik­nya. Suatu saat ia membaca sebuah artikel tentang kelistrikan yang sangat menarik perhatiannya. Sejak itu ia mulai dengan berbagai eksperimennya yang sederhana.

Berbagai karyanya antara lain Chemical Manipu­lation (1827), Experimental Researches in Electricity (1839-1855), Experimental Researches in Chemistry and Physics (1859), A Course of Six Lectures on the Chemical History of a Candle (1861), dan On the Various Forces in Nature yang diterbitkan setelah ia meninggal (1873).

Advertisement