Advertisement

MENGENAL MICHAEL JACKSON – Penyanyi, penari, dan pencipta lagu beraliran rock Amerika Serikat yang terkenal. Bersama Lionel Richie, ia mencipta We Are the World yang dinyanyikan ratusan penyanyi terke­nal dalam konser amal Live Aid. Ciri musiknya meng­hentak, dengan kombinasi unsur-unsur soul, rhythm, blues, dan rock. Jackson digelari “Penghibur Terbesar Dunia”. Meski sangat terkenal, ia lebih suka meng­habiskan waktunya sendirian.

Jackson dilahirkan di Indiana, Amerika Serikat l anak kelima dari delapan bersaudara. Sejak berusia enam tahun ia menjadi penyanyi utama dalam kelorr? pok Jackson Five. Dalam kelompok ini Michael d ling menonjol. Mereka melakukan rekaman denga* perusahaan rekaman Motown yang pernah n engorbh kan bintang-bintang kulit hitam, seperti Diana dan the Supremes, Stevie Wonder, dan Marvin Gay Destiny dan Triumph adalah album rekamannv yang laris terjual semasa ia tergabung dalam Jackson Five. Album solonya, Off the Wall{919), memecah­kan rekor penjualan album penyanyi berkulit hitam (terjual sembilan juta kopi). Dalam album Thriler Michael menyajikan bermacam-macam lagu, mulai dari rock (Beat It), pop {Billie Jean), balada {Human Nature), blues (“PYT” atau Pretty Young Thing), dan yang bergaya baru sama sekali {Thriller). Album ini terjual 38.500.000 kopi, memecahkan rekor penjualan album. Album terakhirnya, Bad, sudah terjual 14 juta kopi.

Advertisement

Keberhasilan Jackson terutama karena ia mampu menerapkan cara yang baru sama sekali dalam me­manfaatkan video musik sebagai sarana promosi. Da­lam video Thriller, misalnya, Jackson memadukan film horor dengan teknik musik Broadway.

Jackson menyumbangkan sebagian hasil penjualan albumnya kepada United Negro College Fund (UNCF) yang memberikan beasiswa kepada para mahasiswa kulit hitam, kepada T. J. Martel Foundation, dan ke­pada yayasan untuk anak-anak penderita kanker. Ia menyumbangkan hasil konser akbarnya, Live Aid juga hasil penjualan lagu We Are the World, kepada masyarakat Etiopia yang tertimpa kelaparan akibat musim kering berkepanjangan. Atas jasa-jasanya itu, ia menerima gelar doktor honoris causa di bidang ke­manusiaan dari UNCF.

Incoming search terms:

  • pengertian michael jackson

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian michael jackson