Advertisement

Adalah Shah (raja) Iran terakhir (1941-1979) yang digulingkan oleh Ayatollah Khomeini, seorang pemimpin Islam yang dulu disingkirkannya. Dengan turunnya Shah Iran, Iran berubah menjadi sebuah republik.

Mohammad Reza Pahlavi (atau Pahlevi) lahir di Teheran. Ia menggantikan ayahnya, Reza Shah Pahlavi, tahun 1941, setelah si ayah dipaksa turun takhta oleh Sekutu karena menolak bekerja sama. Berbeda dengan ayahnya, Mohammad bersedia bekerja sama, memperbolehkan Sekutu menempatkan pasukan di Iran.

Advertisement

Mohammad cukup banyak membuat perubahan di bidang sosial-ekonomi Iran. Ia melaksanakan land reform, membangun banyak sekolah, jalan raya, dan sarana irigasi. Tetapi lama kelamaan ia dinilai rakyatnya terlalu bersifat otoriter dan sewenang-wenang. Banyak tokoh politik, ulama, dan kaum intelektual yang ditangkap atau melarikan diri ke luar negeri. Termasuk di antaranya Khomeini yang melarikan diri ke Paris. Tetapi dari sini Khomeini terus menyerukan perlawanan terha-dap Shah Iran. Akhirnya, setelah terjadi berbagai demonstrasi dan kekacauan, Shah Iran digulingkan dan ia terusir ke luar negeri. Berturut-turut ia tinggal di Meksiko, AS, Panama, dan Mesir. Di tempat terakhir ini ia meninggal dunia, satu setengah tahun setelah kejatuhannya.

Advertisement