Advertisement

Jenderal dan negarawan Israel yang menjadi pahlawan bangsanya, karena kepemimpinannya membawa kemenangan gemilang pada negaranya dalam Perang Arab-Israel tahun 1956 dan Perang 6-hari tahun 1967.

Dayan lahir di Deganiya, Palestina. Ia memulai karier militernya tahun 1937 dalam suatu skuadron yang bergerak pada malam hari untuk menumpas perlawanan orang Arab, ketika wilayah itu masih berada di bawah mandat Inggris.

Advertisement

Anggota-anggota skuadron ini kemudian menjadi inti tentara Israel. Tahun 1939 ia dihukum penjara karena keterlibatannya dengan organisasi Yahudi militan Haganah yang tidak dapat pengakuan penguasa Inggris.
Dayan dibebaskan tahun 1941 dan memimpin kesatuan Yahudi Palestina melawan Perancis di bawah Vichy, yaitu pemerintahan Perancis pro Nazi, di Suriah. Dalam peperangan ini ia kehilangan mata kirinya. Sejak itu ia memakai tutup mata yang menjadi ciri khasnya. Ia mengambil bagian dalam Perang Arab-Israel pertama tahun 1948 dan ikut dalam perundingan gencatan senjata 1949. Tahun 1953-1958 fu menjadi Kepala Staf Angkatan Bersenjata. Dalam perang 1956 ia merencanakan dan memimpin invasi ke Semenanjung Sinai.

Keberhasilannya menguasai Semenanjung Sinai menetapkan dia sebagai ahli perang yang patut di-perhitungkan. Tahun 1959 ia dipilih menjadi anggota parlemen wakil Partai Buruh dan menjabat Menteri Agraria sampai tahun 1964. Tahun 1965 ia duduk lagi dalam parlemen.
Sewaktu Perang Arab-Israel tahun 1967 pecah, Dayan diangkat menjadi Menteri Pertahanan. Ia memimpin langsung Perang 6-hari ini, dan menang. Kemenangannya mengakibatkan pengaruh Dayan semakin kuat. Akan tetapi pada tahun 1973 tiba-tiba Mesir, Suriah, dan Yordania menyerang serentak dan menembus pertahanan garis depan Israel. Walau musuh dapat dihalau (Perang Yom Kippur), Dayan dipersalahkan atas kekurangsiagaan negara dalam peperangan ini. Ia kehilangan kursi tahun 1974.

Empat tahun kemudian, Menachem Begin mengangkat dia sebagai Menteri Luar Negeri dan ia menjadi salah satu arsitek persetujuan Camp David antara Mesir dan Israel yang diprakarsai Jimmy Carter, Presiden Amerika Serikat. Dayan mengundurkan diri dari pemerintahan pada bulan Oktober 1979 karena merasa bahwa Begin tidak sungguh-sungguh dengan janjinya akan mengembalikan wilayah Tepi Barat kepada Yordania. Autobiografi Dayan The Story of My Life diterbitkan tahun 1976.

Incoming search terms:

  • Definisi moshe dayan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Definisi moshe dayan